17 Makanan Indonesia Ini Ternyata Adaptasi dari Belanda, Ada Semur dan Kue Cubit

- 11 Januari 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi risoles.
Ilustrasi risoles. /Tangkap layar YouTube Devina Hermawan/Tangkap Layar YouTube Devina Hermawan

PRFMNEWS - Berbagai macam kuliner nusantara memang memiliki keunikan tersendiri. Meskipun bercita rasa lokal namun berbagai macam makanan ini memiliki sejarah yang berasal dari Belanda.

Sebagai negara yang pernah dijajah oleh Belanda selama ratusan tahun, tentu saja banyak hal yang ditinggalkan Belanda di Indonesia.

Salah satunya tentu saja makanan harian yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sejumlah makanan khas Indonesia merupakan peninggalan Belanda saat masa kolonial.

Penasaran apa saja makanan khas Indonesia yang ternyata peninggalan Belanda? Simak yang berikut ini.

Baca Juga: 14 Makanan Enak yang Dapat Membantu Redakan Stres, Ada Kimchi

1. Selat Solo

Selat solo adalah bukti akulturasi kuliner Belanda dan Indonesia. Konon selat solo hasil ciptaan koki istana Kasunanan Surakarta yang hendak menjamu delegasi Belanda dalam pertemuan di Benteng Vastenburg.

Pihak Belanda ingin menyantap steak daging, sedangkan Sri Susuhunan, raja Kasunanan Surakarta lebih menyukai nasi dan sayur. Salad dengan mayonaise pun dipandang terlalu berlemak.

Selat solo pun memfasilitasi kesukaan kedua belah pihak. Sepiring selat solo berisi potongan daging berukuran kecil, kuah berempah dengan citarasa asam manis, serta sayuran yang membuat hidangan ini meriah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x