Berbagai Manfaat Cuka Apel, Simak Juga Mitos-mitosnya di Sini

- 10 Januari 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi Cuka Apel
Ilustrasi Cuka Apel /Pixabay.com/wicherek


PRFMNEWS - Siapa yang disini tidak tahu dengan Cuka Apel atau Cuka Sari Apel? Cuka sari apel adalah jenis cuka yang dibuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi.

Fermentasi ini dilakukan dua kali, yaitu yang pertama mengubah gula pada apel menjadi alkohol dan yang kedua alkohol ini diubah menjadi asam asetat.

Faktanya asam asetat pada cuka apel itu sama saja seperti asam asetat pada cuka putih, cuka anggur ataupun cuka beras dan juga cuka-cuka lainnya. Jika anda melihat informasi nilai gizi di sini semuanya nol, jadi dari lemak, protein, karbohidrat, gula, maupun garam jumlahnya nol dan tidak ada tambahan vitaminnya sama sekali.

Baca Juga: Benarkah Asam Lambung Bisa Diobati dengan Cuka Apel? Cek Faktanya Bersama Dokter Ema

Jadi, cuka apel tidak meningkatkan kandungan nutrisi dari apel. Lalu yang membuat cuka apel bermanfaat adalah proses fermentasi Ini membentuk probiotik dan enzim yang dapat meningkatkan kesehatan, namun tidak semua manfaat kesehatannya itu benar, banyak sekali manfaat kesehatan yang ternyata di overclaim kan hanya untuk meningkatkan penjualan cuka apel.

Lantas apa saja sih manfaat cuka apel untuk kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah? Inilah fakta dan mitos seputar cuka apel yang dikutip dari laman Youtube Emasuperr.

Cuka apel dapat mengatur kadal gula darah penderita diabetes

Cuka apel secara ilmiah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, dimana insulin ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke jaringan.

"Sebuah studi di diabetes care menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel pada penderita diabetes tipe 2 saat makan itu dapat meningkatkan sensitivitas insulin 20 hingga 30%. Selain itu pada studi jangka panjang ketika diabetes tipe 2 rutin mengkonsumsi cuka apel 2 hingga 12 minggu dapat membantu menstabilkan kadar gula darah puasa dan hba1c," ujar dr Ema Surya Pertiwi.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Puasa, Salahsatunya Kumur Pakai Cuka Apel Kata dr. Saddam Ismail

Fungsi cuka apel pada penderita diabetes juga termasuk memperlambat pengosongan lambung. Jadi, ketika kita mengkonsumsi cuka apel itu akan membuat lambung lebih lambat memproses makanan tersebut, sehingga membuat gula lebih lambat dicerna oleh tubuh dan menjaga kenaikan gula darah agar tidak langsung drastis saat makan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x