Bengkak di Tubuh Orang Diabetes Bisa Jadi Tanda Kerusakan Ginjal, Cegah agar Tak Cuci Darah, Kata dr. Cahyo

- 29 September 2022, 17:40 WIB
Ilustrasi. kata dokter Cahyo Purnomo, Bengkak di Tubuh Orang Diabetes Bisa Jadi Tanda Kerusakan Ginjal, Cegah agar Tak Cuci Darah.
Ilustrasi. kata dokter Cahyo Purnomo, Bengkak di Tubuh Orang Diabetes Bisa Jadi Tanda Kerusakan Ginjal, Cegah agar Tak Cuci Darah. /Foto: Hidaya Aliouche/rosacea.org/

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo mengatakan orang diabetes rentan mengalami kerusakan ginjal jika tidak disiplin mengontrol kadar gula darah yang berlebihan dalam jangka waktu lama.

Bahkan dr. Cahyo Purnomo menyebut orang diabetes yang sudah mengalami kerusakan ginjal maka harus rutin melakukan cuci darah seumur hidup.

Tanda ginjal rusak pada penderita diabetes, kata dr. Cahyo Purnomo, salah satunya bisa dilihat dari munculnya pembengkakan pada seluruh bagian tubuh.

Baca Juga: Bukan Sakit Pinggang Atau Kencing berdarah! Ternyata 2 Hal yang Jarang Disadari Ini Penyebab Gagal Ginjal

Namun dr. Cahyo Purnomo menegaskan bukan berarti badan bengkak pada orang diabetes dipastikan dia mengalami ginjal rusak.

Tanda bagian badan tertentu bengkak pada orang diabetes, ujar dr. Cahyo, juga bisa menjadi penanda organ lain pada tubuhnya selain ginjal mengalami kerusakan, misalnya jantung dan hati.

Menurut dr. Cahyo setidaknya ada tiga tanda bengkak pada badan orang diabetes yang harus diwaspadai karena bisa menjadi salah satu gejala kerusakan organ di dalam tubuh:

1. Bengkak di lengan dan tungkai kaki

Ketika penderita diabetes mengalami pembengkakan di bagian lengan dan tungkai kaki, dr. Cahyo menuturkan ini bisa jadi tanda terjadi kerusakan pada organ jantungnya.

“Bengkak di lengan dan tungkai kaki biasanya disebabkan karena penyakit gagal jantung,” ungkapnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x