Waspada Gejala Tidak Bisa Kencing Pada Penderita Diabetes, Bisa Berujung Cuci Darah

- 1 Agustus 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi kencing
Ilustrasi kencing /Pixabay

PRFMNEWS - dr. Cahyo Purnomo menjelaskan tentang salah satu efek dari tingginya kadar gula darah yaitu bisa menyebabkan penderita diabetes mengalami gejala tidak bisa kencing.

Bagi kalian penderita diabetes yang biasanya sering mengalami kencing tetapi tiba-tiba tidak bisa buang air kecil, maka sudah sepatutnya kalian harus waspada.

Gejala tidak bisa kencing dapat dialami oleh penderita diabetes jika kadar gula darah tidak terkontrol dan tinggi terus-menerus.

Gejala kencing berkurang atau tidak bisa kencing sama sekali pada penderita diabetes menjadi tanda bahwa Anda mengalami komplikasi diabetes akibat kadar gula darah tidak terkontrol.

Baca Juga: Ini Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes dan Disarankan Para Ahli Karena Rendah Indeks Glikemik

Ketika kadar gula darah tidak terkontrol dalam jangka waktu yang lama, ini akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di seluruh tubuh kita.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi aliran darah ke seluruh organ tubuh kita.

Kemudian apa hubungannya kerusakan pembuluh darah dan tidak bisa kencing?

“Ketika pembuluh darah di seluruh tubuh kita rusak akibat komplikasi diabetes, terutama jika pembuluh darah yang rusak adalah pembuluh darah yang mengalir ke ginjal kita, ini tentunya akan menyebabkan transport oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel ginjal akan mengalami masalah,” kata dr. Cahyo seperti dikutip prfmnews.id melalui kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Youtube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x