Diabetes Bisa Picu Gagal Ginjal hingga Harus Cuci Darah, Benarkah Pengaruh Obat Kimia? Ini Kata dr. Cahyo

- 6 Agustus 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi diabetes yang disebut bisa picu gagal ginjal, penjelasan dari dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi diabetes yang disebut bisa picu gagal ginjal, penjelasan dari dokter Cahyo Purnomo. /Pexels/Nataliya Vaitkevich

PRFMNEWS – Terapi utama bagi pasien diabetes dengan gula darah terlalu tinggi yakni wajib mengonsumsi obat pengontrol kadar gula darah agar tetap stabil.

Tak jarang, orang diabetes yang rutin minum obat pengontrol gula darah itu ketakutan menderita gagal ginjal akibat harus setiap hari mengonsumsi obat kimia tersebut.

Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo membenarkan fakta bahwa pasien diabetes berpotensi menderita kerusakan hingga gagal ginjal bahkan sampai harus cuci darah.

Tapi, benarkah penyebab gagal ginjal pada orang diabetes akibat konsumsi obat pengontrol gula darah setiap hari yang membuat kerja ginjal semakin berat?

Baca Juga: Tidak Kuat LDR, Kim Kardashian dan Pete Davidson Putus Setelah Sembilan Bulan Menjalin Hubungan

Menurut dr. Cahyo Purnomo, orang diabetes jika tidak diobati dan membiarkan gula darah tetap tinggi akan berpotensi besar memicu kerusakan pembuluh darah besar maupun kecil dalam tubuh.

“Pada orang diabetes, jika dibiarkan gula darah tetap tinggi dan tidak dikontrol agar kembali normal, akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah kecil di organ ginjal,” katanya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Kerusakan pembuluh darah pada ginjal, lanjut dr. Cahyo, mengakibatkan aliran darah yang mengalir ke ginjal akan menurun.

“Akibatnya, suplai nutrisi dan oksigen melalui darah menuju sel-sel ginjal juga akan mengalami penurunan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x