Benarkah Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Roti Gandum? Begini Jawaban dr. Cahyo Purnomo

- 6 Agustus 2022, 19:10 WIB
Ilustrasi roti gandum, apakah benar penderita diabetes tidak boleh makan roti gandum? Begini jawaban dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi roti gandum, apakah benar penderita diabetes tidak boleh makan roti gandum? Begini jawaban dokter Cahyo Purnomo. /Pixabay/sofi5t


PRFMNEWS - Dokter Cahyo Purnomo menjawab pertanyaan tentang apakah penderita boleh makan roti gandum setiap hari?

Mungkin sebagian penderita diabetes juga ada pernah mempertanyakan apakah aman bagi mereka untuk mengkonsumsi roti gandum, karena khawatir dapat menaikkan kadar gula darah.

Roti termasuk makanan yang tinggi karbohidrat, bagi Anda yang menderita diabetes sebaiknya benar-benar memperhatikan jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh setiap hari.

Karena apabila jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka ini akan berpotensi untuk meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Sayur Buncis Bagi Penderita Diabetes, Nomor 4 Bisa Turunkan Berat Badan Kata dr. Cahyo

Di mana batas konsumsi karbohidrat untuk penderita diabetes dalam sekali makan adalah sebesar 40-60 gram.

Oleh sebab itu usahakan saat Anda makan, maka jumlah karbohidratnya tidak lebih dari 60 gram.

Sedangkan roti gandum yaitu termasuk makanan yang tinggi akan karbohidrat. Di mana dalam 100 gram roti gandum, terdapat sekitar 46,1 gram karbohidrat.

Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam 100 gram nasi putih, yang hanya sebesar 27,9 gram karbohidrat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x