Hati-hati! Minum Obat Diabetes Bersamaan Jamu Herbal agar Gula Darah Turun Bisa Bahaya Kata dr. Cahyo

- 6 Agustus 2022, 16:50 WIB
Minum Obat Diabetes Bersamaan Jamu Herbal agar Gula Darah Turun Bisa Bahaya Kata dr. Cahyo Purnomo.
Minum Obat Diabetes Bersamaan Jamu Herbal agar Gula Darah Turun Bisa Bahaya Kata dr. Cahyo Purnomo. /Tangkapan Layar/YouTube/MasakTV

PRFMNEWS - Obat diabetes yang diberikan dokter memang wajib dikonsumsi bagi pasien dengan gula darah tinggi agar tetap bisa mengontrol kadar gula darah di tubuhnya.

Tak jarang, pasien diabetes tertarik mencampur obat kimia dari dokter dengan jamu herbal atau obat alami dengan harapan mampu menurunkan kadar gula darah lebih maksimal sehingga cepat sembuh.

Tapi, apakah aman dan boleh minum obat kimia dari dokter dicampur bersamaan dengan jamu herbal dalam satu waktu sehingga gula darah bisa cepat turun?

Baca Juga: Terkait Beras Bansos yang Dikubur di Depok, Kuasa Hukum Tegaskan JNE Bayar Ganti Rugi Senilai 37 Juta

Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo mengatakan, mengkonsumsi obat diabetes bersamaan dengan jamu herbal justru berpotensi picu risiko berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menurut dr. Cahyo Purnomo, mencampurkan obat diabetes dan jamu herbal justru bisa memunculkan efek berlipat-lipat ganda yang berbahaya bahkan mengancam nyawa jika dibiarkan terus-menerus.

“Jadi mungkin Anda berpikiran kalo misal minum obat diabetes kadar gulanya bisa turun 100, terus kalo minum jamu juga kadar gulanya turun 100. Kalo diminum bersama-sama ini gula darahnya bisa turun 200 sekaligus,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

“Misal, sebelumnya kadar gulanya 400, lalu minum obat diabetes dicampur jamu sekaligus dengan harapan gula darahnya turun menjadi sekitar 200. Namun kenyataannya tidak seperti itu,” sambungnya.

Baca Juga: Jokowi: Kalau Pertalite Naik Jadi Harga Rp17.100 Demonya Berapa Bulan?

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x