Jokowi: Kalau Pertalite Naik Jadi Harga Rp17.100 Demonya Berapa Bulan?

- 6 Agustus 2022, 08:40 WIB
Presiden Jokowi dalam sambutan Peresmian Pembukaan Silatnas PPAD ke-19 di Bogor, Jumat 5 Agustus 2022.
Presiden Jokowi dalam sambutan Peresmian Pembukaan Silatnas PPAD ke-19 di Bogor, Jumat 5 Agustus 2022. /Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

 

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah Indonesia telah memberikan kebijakan subsidi BBM sangat besar dibandingkan negara-negara lainnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah menggelontorkan anggaran hingga Rp502 triliun untuk subsidi BBM agar bisa mengendalikan inflasi atau kenaikan harga-harga barang.

"Pemerintah mengeluarkan anggaran subsidi yang tidak kecil, 502 triliun rupiah, yang tidak ada negara berani memberikan subsidi sebesar yang dilakukan indonesia," kata Jokowi dalam sambutan Peresmian Pembukaan Silatnas PPAD ke-19 di Bogor, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Berlaku Mulai Kemarin, Pertamina Naikkan Harga 3 Jenis BBM Nonsubsidi

Jokowi juga bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika harga BBM Pertalite naik menjadi Rp17.100 per liternya. Sebab, kenaikan 10 persen saja pada saat itu terjadi demo selama tiga bulan.

"Coba di negara kita bayangkan, kalau pertalite naik dari Rp7.650 harga sekarang, naik jadi harga yang benar Rp17.100 demonya berapa bulan? Naik 10 persen saja saya ingat demonya dulu 3 bulan, kalau naik sampai 100 persen lebih demonya akan berapa bulan," tegasnya.

Ia menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia semuanya sedang anjlok. Hal itu ia dengar dari pernyataan petinggi PBB dan bank dunia.

Baca Juga: Awalnya Ragu, Kini Organda Jabar Dukung Program Subsidi BBM Tepat Sasaran Pertamina

Bahkan Amerika saja kata Jokowi inflasinya sudah berada di angka 9,1 persen sehingga harga BBM naik dua kali lipat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x