Waspada ! Kenali Komplikasi yang Muncul Jika Diabetes Dibiarkan Terus Menerus Tanpa Ada Pengobatan

- 14 September 2022, 07:15 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pavel Danilyuk/Pexels

PRFMNEWS - Tahukah anda jika penyakit diabetes dibiarkan terus-menerus tanpa mendapatkan pengobatan yang tepat bisa mengakibatkan munculnya komplikasi-komplikasi penyakit yang tidak kita inginkan. Di mana penyakit-penyakit ini biasanya cenderung parah bisa mengakibatkan kematian.

Diabetes yang dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan munculnya penyakit stroke. Tentunya kita sudah tahu bagaimana bahayanya penyakit stroke yang disebabkan kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh salah satunya di daerah otak.

Pakar kesehatan dr. Cahyo Purnomo menyampaikan, penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan diabetes adalah adanya kerusakan pembuluh darah di sekitar retina.

Baca Juga: Bolehkah Jengkol Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

Retina Ini fungsinya untuk menangkap gambar, jadi jika pembuluh darah di daerah retina ini pecah maka gambar yang diperoleh dari mata maka dia akan mengalami gangguan, sehingga sinyal gambar ini tidak bisa dikirim ke otak. Sehingga orang yang menderita diabetes ini tadi yang mengalami kerusakan retina ini mendapatkan sensasi bahwasanya tidak ada gambar yang ditangkap sehingga mengalami kebutaan.

Kemudian pada telinga ini bisa mengakibatkan tuli, mengakibatkan penurunan pendengaran dan pada mulut pada mulut ini mengakibatkan mudah terjadinya infeksi di sekitar gigi dan mulut, sehingga gigi dan gusi mengalami infeksi sehingga giginya ini mudah tanggal.

Kemudian di daerah jantung, penyakit diabetes ini bisa mengakibatkan komplikasi berupa penyakit jantung koroner karena terjadinya kerusakan pembuluh darah disekitar jantung.

Lalu di daerah Lambung ini muncul penyakit yang disebut sebagai gastropati diabetes yaitu hampir mirip seperti penyakit maag akibat rusaknya pembuluh darah di sekitar lambung. Akibatnya lambung ini mudah sekali mengalami luka nah sama seperti penyakit maag, jadi jika ini dibiarkan terus-menerus lambung ini bisa rusak.

Baca Juga: GEGER Penemuan Mayat Pekerja Pabrik Tahu di Garut, Ditemukan Warga Dalam Kamar

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x