Bolehkah Penderita Diabetes Meminum Air Tebu? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

- 16 Agustus 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi air tebu
Ilustrasi air tebu /pixabay


PRFMNEWS - Mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa air tebu ini memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu hanya 43.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makanan atau minuman dengan indeks glikemik dibawah 55 ini adalah makanan atau minuman yang memiliki indeks glikemik yang rendah.

Makanan dan minuman dengan indeks glikemiks rendah memang relatif lebih aman bagi penderita dibetes.

Baca Juga: Apakah Pisang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes Setiap Hari? Berikut Penjelasan dr. Cahyo

Namun untuk menilai makanan aman atau tidak, kita juga mesti melihat beban glikemik nya karena walupun makanan atau minuman tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah namun di sisi lain memiliki indeks glikemik tinggi ternyata makanan atau minuman tersebut tetap tidak aman bagi penderita diabetes.

Ternyata air tebu ini memiliki beban glikemik yang tinggi. Hal ini mungkin disebabkan karena air tebu memiliki kandungan gula yang begitu tinggi jadi dalam satu gelas ukuran 250 cc ini air tebu ternyata mengandung gula sebesar 50 gr, sedangkan batas aman konsumsi gula tambahan untuk penderita diabetes dalam satu hari ini sebaiknya tidak lebih dari 25 gr.

Baca Juga: 5 Cara Alami untuk Atasi Asam Urat, kata dr. Saddam Ismail

Jadi apabila anda meminum air tebu sebanyak satu gelas kecil berukuran 250 cc, maka batas maksimal gula tambahan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam satu hari ini sudah berlebihan bahkan bisa dikatakan sudah 2x lipat dari batas aman.

Kesimpulannya, walaupun air tebu memiliki indeks glikemik yang rendah dan mungkin dapat bermanfaat bagi kesehatan, namun akibat kandungan gulanya yang sangat tinggi menjadikan air tebu ini tidak aman bagi penderita diabetes dan sebaiknya anda hindari.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x