Apa Pengaruh Rokok Terhadap Otot? dr Saddam Ismail Berikan Jawaban

- 7 Agustus 2022, 13:30 WIB
Ilustrasi dr. Saddam Ismail.
Ilustrasi dr. Saddam Ismail. /Tangkapan layar youtube.com / Saddam Ismail.

PRFMNEWS - Merokok merupakan suatu kegiatan yang bisa berujung fatal seperti penyakit kronis dan bahkan menyebabkan kematian. Maka dari itu sudah banyak larangan dan himbauan agar seseorang haruslah berhenti merokok.

Sebagian masyarakat Indonesia bisa kita lihat adalah perokok, yang diketahui oleh khalayak umum bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan pernafasan, akan tetapi merokok juga tidak baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya termasuk otot.

Penurunan kualitas kesehatan tubuh kita dan organ-organ tubuh kita karena merokok yang asapnya kemudian sampai ke pembuluh darah, kemudian sampai ke sel tubuh kita, ke jaringan tubuh kita, yang pada akhirnya berpengaruh pada tubuh kita.

Baca Juga: Ini Dia Cara Paling Ambuh Berhenti Merokok yang Diungkap dr Saddam Ismail

Apabila otot anda bermasalah karena merokok, tentunya aktivitas sehari-hari akan terbatas dan terganggu.

Berbicara tentang rokok bisa sebabkan kerusakan otot, kali ini Dokter Saddam akan membeberkan penjelasan tentang pengaruh rokok terhadap otot, yaitu :

1. Menghambat pertumbuhan sel otot

Merokok dapat menghambat pertumbuhan sel otot, dari latihan fisik seperti anda ingin meningkatkan massa otot lalu anda merokok. Ini akan terhambat, karena untuk meregenerasi sel otot yang baru yakni akan berpengaruh terhadap rokok yang diterima.

Jadi regenerasi sel otot yang baru tidak maksimal. Rokok juga menghambat metabolisme otot, meningkatkan peradangan dan stress oksidatif, aktivasi berlebih gen yang memicu atrofi otot atau pengecilan otot.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x