Perhatikan Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Sedang Tinggi, Sangat Terlihat di Kulit Menurut dr. Ema Surya Pertiwi

- 24 Juli 2022, 20:15 WIB
Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa terlihat pada kulit, kata dokter Ema Surya Pertiwi.
Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa terlihat pada kulit, kata dokter Ema Surya Pertiwi. /Tangkapan Layar/ Emasuperr
 
PRFMNEWS - Kolesterol tinggi akan menimbulkan Xanthoma yang disebabkan oleh akumulasi lemak dalam makrofag di dalam kulit. 
 
Seperti dijelaskan dokter Ema Surya Pertiwi, Xanthoma bisa menjadi suatu tanda seseorang mengalami Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol yang terlalu tinggi. 
 
Jenisnya ada Xanthelasma yang terletak di sekitar canthus medial kelopak mata atas dan bawah, biasanya muncul benjolan kecil yang besar perlahan-lahan. 
 
Lalu ada Palmar Xanthoma yaitu akumulasi lemak pada area kulit di bagian tangan,hal ini disebabkan murni dari penumpukan lemak di area kulit. 

 
Lalu Xanthoma Tendon yaitu nodul subkutan yang membesar secara perlahan, biasanya ditemukan menempel pada tendon achilles atau tendon diatas buku-buku jari. 
 
Lalu Xanthoma Erupsi, yaitu suatu benjolan sekitar 5 mm dengan tepi merah yang muncul disekitar bokong, bahu, tangan. 
 
Seseorang bisa terkena Hiperkolesterolemia jika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, adanya diabetes mellitus, atau kencing manis resistensi insulin seperti pcos, penyakit hati seperti sirosis, sindrom nefrotik, dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

 
Itu semua bisa meningkatkan resiko munculnya Hiperkolesterolemia. 
 
Untuk pengobatan nya, anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberikan penanganan yang lebih tepat untuk mengatasi penyakit ini.***
 

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x