Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terdeteksi di Kaki, Waspada Jika 6 Tanda ini Terasa di Kaki Termasuk Kram

- 22 Juni 2022, 10:00 WIB
Kondisi kaki tertentu bisa menandakan gejala kolesterol tinggi .
Kondisi kaki tertentu bisa menandakan gejala kolesterol tinggi . /Pixabay /Daniel Reche

PRFMNEWS – Gejala seseorang mengalami kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah ternyata bisa terdeteksi dari enam tanda yang muncul di kaki.

Enam tanda kolesterol tinggi yang bisa terasa dan terlihat di kaki ini bisa menjadi deteksi awal sebelum nantinya dipastikan melalui hasil tes darah di laboratorium.

Enam gejala kolesterol tinggi di kaki ini bisa terjadi pada orang tua maupun usia muda, baik pria juga wanita. Jika dibiarkan, bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Ciri-ciri seseorang alami kolesterol tinggi yang bisa dirasakan dan dilihat dari kaki ini disampaikan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Suyatno Hadi Saputro.

Baca Juga: Cepat Lelah Bisa Jadi Salah Satu Tanda Terkena Gejala Gagal Ginjal Kronis, Begini cara Mengatasinya

Suyatno menjelaskan, dalam keadaan normal, kolesterol sebenarnya diperlukan tubuh untuk berbagai fungsi penting, salah satunya membantu pencernaan lemak makanan.

Suyatno melanjutkan, kolesterol dibawa ke seluruh tubuh sebagai ester kolesterol yang dikemas dengan lemak dan protein. Usus mengumpulkan kolesterol makanan menjadi partikel disebut kilomikron, lalu diangkut melalui darah dan akhirnya diambil oleh hati.

Kemudian hati mengemas makanan dan kolesterol menjadi Lipoprotein Densitas Rendah (LDL). Kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan inilah yang bisa membahayakan tubuh.

Menurutnya, sebagian besar faktor penyebab kolesterol tinggi atau hiperkolesterol berhubungan dengan gaya hidup seseorang yang tidak sehat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x