Stop Pakai Pembalut Terlalu Lama, Bisa Sebabkan 6 Masalah Kesehatan Ini Kata dr. Ema, Salah Satunya Kesuburan

- 24 Juni 2022, 15:20 WIB
dr Ema Surya Pertiwi menjelaskan penyebab masalah kesehatan jika wanita pakai pembalut lama
dr Ema Surya Pertiwi menjelaskan penyebab masalah kesehatan jika wanita pakai pembalut lama /Tangkap Layar YouTube emasuperr

PRFMNEWS - Penggunaan pembalut merupakan hal yang umum dilakukan oleh setiap wanita saat sedang menstruasi.

Tidak hanya praktis, penggunaan pembalut saat menstruasi juga kerap dianggap paling ampuh untuk mencegah kebocoran saat menstruasi.

Namun dibalik praktis dan efektif penggunaan pembalut, healthy vlogger dr. Ema mengatakan bahwa penggunaan pembalut yang terlalu lama dapat menjadi masalah kesehatan pada organ reproduksi wanita.

“Efek penggunaan pembalut atau pantyliner pada wanita dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan keputihan dengan bau yang menyengat hingga gatal-gatal pada daerah vagina,” ungkap dr. Ema, seperti yang dikutip prfmnews.id dari YouTube Emasuperr pada Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: RS Hermina Bersama Jabar Bergerak Hadir Menjaga Kesehatan Masyarakat Melalui Pembangunan MCK

Selain menyebabkan keputihan, bau yang menyengat inilah beberapa dampak penggunaan pembalut yang terlalu lama bagi kesehatan organ reproduksi wanita.

1. Bisa menyebabkan kanker, penyakit ini dikarenakan dioksin pada pembalut.

2. Menyebabkan endometriosis atau penebalan jaringan pada area vagina, sehingga menyebabkan menstruasi yang terasa sakit dan juga tidak teratur.

3. Infertilitas atau tidak subur, wanita yang telah terpapar bahan kimia dari pembalut bisa menurunkan kesuburan pada wanita.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x