Sering Tak Disadari Tapi Bahaya! Ini 11 Kebiasaan yang Bisa Picu Kerusakan Ginjal, Nomor 9 Paling Bikin Kaget

- 9 Januari 2022, 21:16 WIB
Ilustrasi ginjal. Ginjal Bisa Rusak karena 11 Kebiasaan Ini Kata dr. Ema Surya Pertiwi, Mulai Kurang Tidur Hingga Menahan Pipis./
Ilustrasi ginjal. Ginjal Bisa Rusak karena 11 Kebiasaan Ini Kata dr. Ema Surya Pertiwi, Mulai Kurang Tidur Hingga Menahan Pipis./ /Pixabay.com/Eksavang./

PRFMNEWS - Seorang dokter menyebut ada 11 kebiasaan yang sering tidak disadari Anda lakukan dan ternyata bisa memicu kerusakan ginjal yang parah.

Video penjelasan 11 kebiasaan yang bisa memicu kerusakan ginjal diunggah oleh dokter Ema Surya Pertiwi juga seorang YouTuber, melalui kanal YouTube Emasuper.

Berikut 11 kebiasaan yang mungkin sering tidak disadari dilakukan dan bisa memicu kerusakan ginjal, menurut dr. Ema Surya Pertiwi.

Baca Juga: Kasus Debt Collector Salah Sasaran di Majenang, Pihak Kepolisian Siap Usut Tuntas

1. Sering konsumsi minuman berenergi

Minuman berenergi biasa diminum saat begadang, menyetir jarak jauh, bekerja keras, atau untuk meningkatkan fokus saat bekerja.

Minuman berenergi sangat tinggi kandungan zat kimia yang jika dikonsumsi terus-menerus dapat mengganggu kesehatan ginjal. Kandungan tersebut antara lain kafein, taurin, soda, dan kadar gula yang tinggi.

“Ketika masuk ke dalam saluran cerna dan masuk ke aliran darah akan memberatkan kerja ginjal,” kata Ema.

Ia menyebut, konsumsi minuman berenergi diperbolehkan, tapi cukup 1-2 kali dalam seminggu.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x