5 Tanda Toxic Productivity Mempengaruhi Hidupmu

- 3 November 2021, 20:18 WIB
Simak tanda-tanda Toxic Productivity, jangan sampai terbuai untuk menjadi produktif demi produktivitas.
Simak tanda-tanda Toxic Productivity, jangan sampai terbuai untuk menjadi produktif demi produktivitas. /PIXABAY/Concord90

PRFMNEWS - Kita mengira, apa yang sedang dilakukan itu produktif. Padahal ada batasan yang jelas antara kegiatan produktif dan produktivitas toksik (toxic productivity).

Mencoba menjadi produktif di semua bidang kehidupan juga dapat menyakiti secara fisik dan mental.

Pada umumnya, toxic productivity ini disebut dengan istilah bekerja berlebihan atau workaholic. Dengan kata lain kita bekerja hingga mengesampingkan waktu istirahat.

Seorang supervisor psikolog senior di California Department of State Hospital Elena Welsh, PhD mengatakan, toxic productivity bisa membawanya ke tingkat berikutnya yang lebih serius.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Pastikan Tim Patroli Malam Jaguar dan Lainnya Bukan Dibubarkan Tapi Diperkuat

Toxic productivity sulit untuk diidentifikasi karena nilai tinggi masyarakat menempatkan produktif secara profesional, sosial, dan budaya. Karena orang selalu dihargai eksternal dalam produktivitas,” kata Dr. Welsh.

Seseorang yang berurusan dengan toxic productivity merasa terdorong untuk menjadi produktif setiap saat, tidak hanya di tempat kerja tapi juga di semua bidang kehidupan mereka.

Berikut tanda-tanda toxic productivity agar Anda dapat mengidentifikasi pola pikir yang bermasalah ini, sebagaimana dilansir prfmnews.id dari laman thehealthy.com.

Waktu senggang membuatmu cemas

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: thehealthy.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x