Merapi-Semeru Erupsi, Ini Tanda-tanda Gunung akan Meletus: Salah Satunya Hewan Turun Gunung

- 18 Januari 2021, 19:49 WIB
Gunung Semeru erupsi.
Gunung Semeru erupsi. /BNPB/


PRFMNEWS - Baru-baru ini Gunung Merapi meletus, kemudian disusul oleh Gunung Semeru yang juga erupsi. Fenomena ini terjadi dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar satu pekan.

Hal ini menandakan bahwa sebagai negara yang masuk di kawasan Cincin Api Pasifik, Indonesia tetap harus siaga menghadapi ancaman erupsi gunung berapi.

Sebelum sebuah gunung berapi meletus atau erupsi, alam memberikan tanda-tandanya yang bisa dirasakan. Maka dari itu penting mengetahui tanda-tanda gunung akan meletus.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, PVMBG Umumkan VONA Orange, Ini Artinya

Baca Juga: Breaking News! Gunung Semeru Meletus, Keluarkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

Peneliti kebencanaan Universitas Padjadjaran Dr. Dicky Muslim, M.Sc mengatakan, tanda alam pertama yang bisa dirasakan salah satunya adalah terjadi gempa tremor.

"Gempa tremor terjadi akibat adanya pergerakan magma ke permukaan bumi," ujar Dicky dari keterangan resmi yang diterima PRFMNEWS.ID, Senin 18 Januari 2021.

Selain itu, gejala yang bisa dirasakan lainnya adalah suara yang bergemuruh, hawa yang berubah menjadi panas, sejumlah mata air yang menjadi panas, adanya guguran kaldera di bagian atas, hingga tanda-tanda biologi seperti keluarnya sejumlah hewan dari hutan gunung.

Baca Juga: PVMBG Ungkap Potensi Ancaman Peristiwa Gunung Semeru Meletus

Baca Juga: Belajar Pola Aktivitas Gunung Merapi Usai Letusan Dahsyat 2010 Silam

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x