Wanita Harus Tahu Tentang Tanda dan Gejala Kanker Payudara Sedini Mungkin

- 17 Februari 2021, 13:20 WIB
Konsultan senior yang memiliki minat khusus pada kanker payudara dan ginekologi di Parkway Cancer Centre Dr. Wong Chiung Ing saat memberikan pemaparan terkait kanker di Indonesia.
Konsultan senior yang memiliki minat khusus pada kanker payudara dan ginekologi di Parkway Cancer Centre Dr. Wong Chiung Ing saat memberikan pemaparan terkait kanker di Indonesia. /prfmnews.id

PRFMNEWS - Sebagai salah satu negara yang paling banyak warganya mengidap kanker, Konsultan senior yang memiliki minat khusus pada kanker payudara dan ginekologi di Parkway Cancer Centre Dr. Wong Chiung Ing mengingatkan jika wanita di Indonesia sangat perlu dididik terkait tanda dan gejala kanker.

Hal ini perlu dilakukan karena kanker payudara masih mendominasi kasus kanker di Indonesia, terhitung 20% dari kasus yang menyerang wanita.

“Wanita perlu dididik tentang tanda dan gejala kanker payudara,” kata Dr. Wong dalam seminar virtual yang digelar Parkway Cancer Centre (PCC) hari ini, Rabu 17 Februari 2021.

Baca Juga: Sebuah Pesantren di Kota Tasikmalaya Di-Lockdown Usai 380 Orang di Sana Terkonfirmasi Positif Covid-19

Berdasarkan laporan WHO melalui Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (The International Agency for Research on Cancer/IARC) yang terbit Desember 2020, jumlah penderita baru di Indonesia mencapai hampir 400.000 kasus selama 2020; dan 54% kasus terjadi pada perempuan.

Kanker payudara, mulut rahim (serviks), dan rahim (ovarium) adalah jenis kanker tertinggi yang banyak menimpa perempuan, sementara pada pria kebanyakan terjadi kasus kanker paru-paru, hati, dan usus besar (kolorektal). Dengan tingkat kematian mencapai 59%, sangatlah penting untuk mengetahui seluk beluk tentang kanker, penyebab, tanda kemunculan dan gejala, serta bentuk pengobatannya.

Tidak ada penyebab pasti dari kanker. Terjadinya kanker dikaitkan dengan berbagai alasan mulai dari profil genetik individu hingga kebiasaan gaya hidup seperti merokok. Dengan demikian, mengenali tanda dan gejala serta diagnosis yang tepat sejak dini dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam penanganan kanker.

Baca Juga: Tak Ada KIPI yang Berarti Pada Acara Gebyar Vaksinasi di Jabar

“Beberapa di antaranya termasuk benjolan di payudara, inversi puting susu, atau perubahan kulit yang tidak normal. Sebagian besar kanker payudara ditemukan saat masih terlokalisasi di payudara dan di kelenjar getah bening di ketiak pada sisi yang sama," jelas Dr. Wong.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x