Tiga Mahasiswa Unpad Kembangkan Sepeda Listrik Tenaga Surya

- 1 Oktober 2020, 14:35 WIB
Contoh produk sepeda listrik tenaga surya yang dikembangkan tiga mahasiswa Unpad.
Contoh produk sepeda listrik tenaga surya yang dikembangkan tiga mahasiswa Unpad. /Dok Kantor Komunikasi Publik Unpad.

PRFMNEWS - Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan produk sepeda listrik tenaga surya.

Tiga mahasiswa Unpad yang sedang mengembangkan produk sepeda listrik tenaga surya itu adalah Mutiara Nawansari (Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam), Lutfia Rahmannisa (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) dan Alamsyah Yahya Nugraha (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Proyek pengembangan produk sepeda listrik tenaga surya yang diberi nama "Easy Bike" tersebut diyakini lebih ramah lingkungan dibandingkan produk sepeda listrik lain yang sudah beredar di pasarasan.

Baca Juga: Dede Yusuf: Banyak Daerah Sulit Membiayai Olahraga

Dikarenakan memanfaatkan energi matahari atau tenaga surya, tiga mahasiswa Unpad ini pun menggagas untuk menempatkan beberapa stasiun pengisian daya (charging station) di lingkungan kampus.

“Di sini kami berupaya membuat charging station sendiri, yang dayanya diambil dari matahari. Jadi kami tidak mengunakan energi fosil,” ungkap Mutiara seperti dikutip dari keterangan resmi Kantor Komunikasi Publik Unpad, Rabu 30 September 2020.

Penelitian ini berangkat dari inisiasi Student Energy Chapter Unpad sejak tahun 2019, dimana Mutiara dan tim turut berpartisipasi aktif di organisasi tersebut. Dengan demikian, diharapkan penggunaan kendaraan bermotor di dalam kampus dapat dikurangi dan beralih menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Ratusan Penyapu Jalan Pindah Kelola Ke DLHK, PD Kebersihan Bakal Dihapus

Namun, kontur kampus Unpad yang memiliki banyak jalan menanjak, menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang ingin bersepeda.

Untuk itu, diharapkan sepeda listrik ramah lingkungan dapat menjadi solusi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x