Usai Rampungkan Bocimi, PUPR akan Bangun Jalan Tol Baru Sukabumi-Padalarang

- 10 Agustus 2023, 08:30 WIB
Tol Bogor - Ciawi - Sukabumo (Bocimi)
Tol Bogor - Ciawi - Sukabumo (Bocimi) /instagram.com/@pupr_bpjt

PRFMNEWS – Pembangunan jalan tol baru di Jawa Barat oleh Kementerian PUPR terus berlangsung, salah satunya Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) seksi 3 hingga 4. Sebelumnya, Tol Bocimi seksi 1-2 telah selesai dan beroperasi usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, jalan tol baru di Jabar penghubung Sukabumi-Bandung via Padalarang yang merupakan perpanjangan rute dari Tol Bocimi Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur juga telah masuk rencana umum pembangunan infrastruktur jalan oleh Kementerian PUPR.

Bahkan terkait rute jalan tol baru penghubung Sukabumi-Bandung lewat Padalarang, Surat Keputusan-nya telah ditetapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Rencananya, jalan tol baru tersebut akan dikerjakan setelah keseluruhan ruas Tol Bocimi selesai.

Baca Juga: Baru Diterbitkan Nadiem, Isi Permendikbud PPKSP Rincikan Detail 6 Bentuk Kekerasan di Sekolah

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menyampaikan, nantinya setelah keempat seksi Tol Bocimi sepanjang total 54 km itu rampung, maka akan dilanjutkan dari Sukabumi menuju Ciranjang, Kabupaten Cianjur hingga Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Kehadiran jalan tol baru dengan rute Sukabumi-Cianjur-Padalarang ini, ujar Munir, diharapkan bisa bantu memecah kepadatan kendaraan yang berpotensi terjadi di Tol Cipularang terutama pada momen-momen liburan panjang dimana banyak masyarakat Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya.

"Kalau kita melihat setelah Tol Jakarta-Cikampek II Selatan berfungsi seluruhnya bersama dengan Jalan Tol Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sudah beroperasi, maka kemungkinan potensi kemacetan dapat terjadi di Jalan Tol Cipularang," ucap Munir, dikutip prfmnews.id.

Baca Juga: KRONOLOGI Kasus Penusukan di Cimahi, Satu Orang Meninggal Dunia

Munir pun berharap Tol Bocimi yang akan terkoneksi ke Ciranjang dan Padalarang dapat membuat pengguna lebih cepat menempuh waktu perjalanan melalui trase tol baru ini, sebagai alternatif menuju koridor Pansela Jabar dan Bandung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x