Resmikan Tol Bocimi Seksi 2, Jokowi: Waktu Tempuh Jakarta ke Tempat Wisata di Sukabumi Lebih Singkat

- 4 Agustus 2023, 22:00 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak.
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak. /Setkab RI

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak, di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Jumat 4 Agustus 2023.

Pada peresmian Tol Bocimi seksi 2 ini, ujar Presiden Jokowi, waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi termasuk untuk mengakses tempat-tempat wisata di wilayah tersebut jadi makin singkat.

“Kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini, hanya kurang lebih 2,5 jam,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Dampak El Nino Mulai Terasa di Bekasi, Lahan Pertanian Mulai Mengalami Kekeringan

Selain itu, imbuh Presiden Jokowi, keberadaan Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak akan mempercepat mobilitas orang dan barang yang akan berpengaruh terhadap peluang investasi di Jawa Barat.

“Dari survei para investor yang ada, kenapa Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” ucap dia.

Presiden menjelaskan bahwa Pembangunan ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini menghabiskan biaya mencapai Rp3,2 triliun.

Baca Juga: Harga Daging Ayam dan Telur Ayam Tinggi Karena Pemerintah Sedang Siapkan Keseimbangan Baru

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun,” tutur Kepala Negara.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x