Diresmikan Jokowi Besok, Tol Cisumdawu Ruas Cileunyi-Dawuan Punya 2 Ikon Unggulan

- 10 Juli 2023, 20:36 WIB
Ilustrasi Tol Cisumdawu
Ilustrasi Tol Cisumdawu /bpjt.pu.go.id/

PRFMNEWS – Jalan Tol Cisumdawu akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlokasi di Gerbang Tol Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Selasa, 11 Juli 2023 besok.

Usai diresmikan Presiden Jokowi, seluruh seksi Tol Cisumdawu mulai dari Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga Dawuan, Kabupaten Majalengka akan dioperasikan penuh.

Tol Cisumdawu miliki dua ikon yang menjadikan jalan bebas hambatan ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tol lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Diagendakan Akan Diresmikan Presiden Jokowi Selasa Besok

Dua keunikan ikon Tol Cisumdawu masing-masing berada di Seksi 1-3 penghubung Cileunyi-Pamulihan-Sumedang-Cimalaka dan Seksi 4-6 Cimalaka-Legok-Ujung Jaya-Dawuan.

Ikon unik pada Seksi 1 hingga 3 Tol Cisumdawu yakni berupa terowongan kembar (twin tunnel). Jalan Tol Cisumdawu menjadi tol pertama yang memiliki twin tunnel di Indonesia.

Sedangkan Seksi 4-6 menawarkan ikon berupa keindahan alam Jabar dengan pemandangan Gunung Tampomas di Sumedang dan Gunung Ciremai di wilayah Kuningan-Majalengka.

Baca Juga: Pemkab Sumedang Minta CKJT Tambah Rest Area Tol Cisumdawu, Ini Alasannya

Sebelum peresmian, Tol Cisumdawu sudah melalui Uji Laik Fungsi yang dilaksanakan pada Juni 2023 untuk memastikan aspek keselamatan, manajemen lalu lintas, sarana jalan, dan bangunan pelengkap.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x