Bukan Juni, Jusuf Hamka Ungkap Kapan Tol Cisumdawu Ruas Cileunyi-Dawuan Beroperasi Penuh

- 24 Juni 2023, 19:00 WIB
Potret Jusuf Hamka
Potret Jusuf Hamka /Lamtiur Indah Sari/

PRFMNEWS – Direktur Utama PT CKJT Mohammad Jusuf Hamka membeberkan jadwal pengoperasian Tol Cisumdawu secara penuh dari Seksi 1-6 penghubung Cileunyi, Kabupaten Bandung ke Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Jusuf Hamka mengungkap kapan Tol Cisumdawu seksi 1-6 dibuka keseluruhan untuk dilintasi kendaraan ini usai meninjau progres pembangunan jalan bebas hambatan yang disebut terindah di Indonesia tersebut.

Jusuf Hamka meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat 23 Juni 2023.

Baca Juga: Pertandingan PSS Sleman vs Persib Bandung Disiarkan Indosiar, Kick Off 15.30 WIB

Jusuf Hamka melalui keterangan tertulis di akun Instagram pribadinya menyebut Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 hingga 6 akan dibuka keseluruhan pada Juli 2023.

Jadwal tersebut disebutnya usai melihat kondisi pekerjaan badan Jalan Tol Cisumdawu ruas Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 km yang sudah selesai tinggal menyisakan tahap finishing.

“Insyaallah pada bulan Juli seksi 1 s.d. seksi 6 bisa operasional dari Pamulihan/Jatinangor sampai Ujung Jaya,” tulis pria yang akrab disapa Babah Alun itu pada keterangan unggahannya, Sabtu 24 Juni 2023.

Baca Juga: Inovasi Kodam III/Siliwangi: Drone Tembak Sangkuriang, Kacamata Pintar hingga Kendaraan Darurat Bencana Alam

Pada kesempatan itu pula Babah Alun beserta rombongan melihat progres pekerjaan pembuatan rest area di ruas tol tersebut.

“Tol Cisumdawu disidak oleh Menko Perekonomian Bpk Airlangga Hartarto. Dalam kesempatan tersebut, Pak Airlangga didampingi oleh Gubernur Jabar Bpk RK dan Bupati Sumedang Bpk Doni Ahmad, untuk melihat persiapan pembuatan rest area,” ungkap Babah Alun.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyampaikan pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 akan rampung pada pertengahan Juni 2023, sehingga jalan bebas hambatan tersebut dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

Tol Cisumdawu Seksi 4-6 sebelumnya juga sempat dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada masa mudik Lebaran 2023.

Baca Juga: Kondisi Kebugaran Bek Persib Bandung Alberto Rodriguez Martin Belum Sampai di Level Terbaik

“Seksi 4 hingga 6 sudah hampir selesai semuanya, tinggal ada beberapa titik yang sedang proses finishing pada parapet dan aspalnya,” kata Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Triono Junoasmono saat Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Tol Cisumdawu, Jumat 9 Juni 2023.

“Secara target kami harus selesaikan semua pada 15 Juni, tetapi secara fisik kami usahakan bisa selesai lebih cepat pada 12 Juni. Sehingga Tol Cisumdawu siap dioperasikan dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini,” imbuhnya.

Sejauh ini ruas Tol Cisumdawu yang telah beroperasi adalah Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) yang dibuka sejak Januari 2022.

Baca Juga: MUI Tuntut 4 Pertanyaan yang Harus Dijawab Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun

Diikuti Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT CKJT.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x