Tol Cisumdawu, Salah Satu PSN di Jabar Punya 3 Keunikan, Bikin Bandung-Majalengka Cuma 1 Jam

- 23 Juni 2023, 20:30 WIB
Jalan Tol Cisumdawu
Jalan Tol Cisumdawu /instagram.com/@pupr_bpjt

PRFMNEWS – Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan) merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat yang telah hampir selesai dibangun Pemerintah untuk mendukung percepatan konektivitas antarwilayah.

Jalan Tol Cisumdawu akan menjadi penghubung kawasan Bandung menuju Bandara Kertajati, Majalengka yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah yang dilintasinya.

Tol Cisumdawu yang memiliki 6 seksi ini memiliki tiga keunikan tersendiri yang membuat ruas jalan tol sepanjang total 61,75 kilometer dan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati ini istimewa.

Baca Juga: Long Weekend Idul Adha 2023, KAI Catat 39 Ribu Tiket Kereta Dipesan dari Bandung

Selain itu, keberadaan Tol Cisumdawu semakin mempersingkat waktu tempuh Bandung menuju Majalengka khususnya hingga ke Bandara Kertajati yang menjadi hanya sekira 1 jam saja, dari sebelumnya butuh 2 jam lebih.

Keunikan Tol Cisumdawu dibandingkan jalan tol lainnya di Indonesia diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau langsung progres pembangunan jalan tol ini, Jumat 23 Juni 2023.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menko Airlangga yang didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat langsung perkembangan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu jelang pengoperasian secara penuh.

Baca Juga: Imbas Dugaan Pelecehan Seksual, Pemkab Bandung Pastikan Semua Layanan Administrasi Kependudukan Gratis

Melalui keterangan tertulis di laman resmi Kemenko Perekonomian, Airlangga menjelaskan, Tol Cisumdawu akan menjadi salah satu jalan bebas hambatan dengan pemandangan indah yang menyuguhkan panorama Gunung Tampomas dan Gunung Manglayang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x