Pemprov Jabar Mulai Terapkan Sistem Work From Anywhere

- 20 Juni 2023, 11:20 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pimpin apel pagi bersama aparatur sipil negara (ASN) di halaman depan Gedung Sate, Rabu 26 April 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pimpin apel pagi bersama aparatur sipil negara (ASN) di halaman depan Gedung Sate, Rabu 26 April 2023. /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) kini tidak harus setiap hari bekerja di kantor, sebab kini Pemprov Jabar sudah menerapkan Mekanisme Kerja Dinamis (MKD).

Dengan adanya MKD ini, maka ASN bisa bekerja di mana saja alias bisa menerapkan sistem work from anywhere.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jabar Teten Ali Mulku Engkun menjelaskan, dengan adanya penerapan work from anywhere maka ASN dapat memilih waktu kerja secara kustom, kapan pun di mana pun selagi mendapat persetujuan dari pimpinan dan syarat yang ditentukan.

Baca Juga: Work From Anywhere di Tanah Surga Indonesia

Disampaikannya, penerapan work from anywhere ini tidak begitu saja diterapkan. Sebelumnya, Pemprov Jabar melakuan survei dengan komposisi 94 persen keterwakilan masing-masing perangkat daerah. Jumlah PNS Pemdaprov Jabar di luar guru tenaga kependidikan 8.871 orang.

Setelah mendapatkan hasil survei, sistem MKD atau ork from anywhere diuji coba di Biro Organisasi dan Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Badan Kepegawaian Daerah. Hasilnya, MKD menghasilkan kinerja yang lebih efisien terutama anggaran.

"Kita sudah mencobanya dan ternyata kinerja tidak menurun bahkan terjadi penghematan. Seperti hemat BBM, biaya makan dan menciptakan birokrasi yang agile (lincah)," ujar Teten saat peluncuran MKD di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 19 Juni 2023 kemarin.

Baca Juga: Remaja Pengadang dan Pemukul Bus di Rancaekek Ditangkap Polisi, Aksinya Ternyata Buat Gaya-gayaan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x