Rugi Rp100 Miliar, World Superbike Akan Dihapus dari Sirkuit Mandalika

- 20 Juni 2023, 09:40 WIB
Pembalap Yamaha oprak Razgatlioglu usai mengunci gelar juara di race pertama WSBK Sirkuit Mandalika 2022.
Pembalap Yamaha oprak Razgatlioglu usai mengunci gelar juara di race pertama WSBK Sirkuit Mandalika 2022. /Pikiran Rakyat/ Aldiro Syahrian/

PRFMNEWS - PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney hendak menghapus ajang balap motor World Superbike (WSBK) dari Sirkuit Mandalika karena kerugian hingga Rp100 miliar. Kerugian ini terjadi karena ajang WSBK di Mandalika minim sponsor.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut akan melakukan negosiasi ulang terhadap beberapa event tersebut.

"Ada beberapa event yang saya rasa, misalnya memberatkan ya kita negosiasi ulang. Itu hal yang biasa," ujar Erick usai rapat bersama Komisi VI DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Baca Juga: Kemnaker Sediakan Beasiswa Kuliah Full Gratis untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menanggapi rencana dihapusnya perhelatan WSBK di Sirkuit Mandalika. Dia meminta PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk tidak melihat soal untung dan rugi dari penyelenggaraan sebuah event.

"Mestinya ya dari awal teman-teman ITDC dan MGPA ini sadar. Kalau dilihat event penyelenggaraannya pasti rugi. Tapi keseluruhan dampaknya mesti juga dihitung," kata Zulkieflimansyah dikutip dari ANTARA.

Ia mengaku tidak sependapat jika WSBK dihapus karena menurutnya keberadaan event baik WSBK maupun MotoGP di Mandalika sangat dirasakan dampaknya bagi daerah dan masyarakat.

Baca Juga: Sederet Maskapai Penerbangan Tambah Rute Baru dari Jakarta di Masa Libur Sekolah dan Idul Adha 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah