Top 5 Kabupaten Terluas di Jawa Barat, Apakah Bandung Termasuk?

- 1 Juli 2024, 17:30 WIB
Alam jeung manusa, mangrupa dua anasir nu ngalantarankeun robahna kabudayaan. Alam robah, ngalantarankeun robahna paripolah jalma. Illustrasi: kaéndahan alam di wewengkon Punclut, Bandung.*
Alam jeung manusa, mangrupa dua anasir nu ngalantarankeun robahna kabudayaan. Alam robah, ngalantarankeun robahna paripolah jalma. Illustrasi: kaéndahan alam di wewengkon Punclut, Bandung.* /Bayu Nurullah/Pikiran Rakyat

BANDUNG, PRFMNEWS - Berikut 5 kabupaten dengan wilayah terluas di Jawa Barat, apakah Kabupaten Bandung termasuk? Jawa Barat adalah salah satu provinsi dengan wilayah luas dan penduduk terbanyak di Indonesia.

Dari 27 kabupaten/kota, ada 5 kabupaten dengan wilayah terluas, mencapai lebih dari 2.000 km persegi. Bahkan salah satu wilayah kabupaten tersebut, memiliki luas hampir 5.000 km persegi.

Luas tersebut ternyata sangat jauh dibanding Kabupaten Bandung dan Sumedang. Kabupaten Bandung memiliki luas hingga 1.767,96 km persegi, sedangkan Kabupaten Sumedang mencapai 1.518,33 km persegi.

Baca Juga: Saat Sultan Andara Beri Dukungan Dadang Supriatna untuk Jadi Bupati Bandung 2 Periode

Lantas mana saja kabupaten terluas di Jawa Barat? Dikutip prfmnews.id dari Badan Pusat Statistik Jawa Barat, Senin 1 Juli 2024, berikut daftarnya.

1. Sukabumi

Memiliki luas mencapai 4.145,70 km persegi, atau 11,72 persen dari total luas Jabar, Kabupaten Sukabumi jadi yang terluas di Jawa Barat.

Namun luas tersebut tidak diimbangi dengan pertumbuhan penduduk Kabupaten Sukabumi, yang hanya mencapai 2.470.219 jiwa, lebih sedikit dari Kabupaten Bandung.

Pantas saja, masih banyak lahan kosong yang tersebar dimana-mana, dan bisa dijadikan sebagai permukiman.

2. Cianjur

Menempati urutan kedua, luas Kabupaten Cianjur mencapai 3.840,16 km persegi, atau 10,85 persen dari luas Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah