Berusia 134 Tahun, Stasiun Cibatu Garut Jadi Saksi Sejarah Kunjungan Charlie Chaplin dan Presiden Soekarno

- 19 Februari 2023, 16:20 WIB
Kereta Api menuju Stasiun Cibatu Garut.
Kereta Api menuju Stasiun Cibatu Garut. /Instagram @transportasi.indonesia

PRFMNEWS - Stasiun Cibatu (kode: CBT) di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat menjadi saksi sejarah kunjungan komedian legendaris dunia Charlie Chaplin dan Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Selain itu, Stasiun Cibatu juga jadi salah satu stasiun di lintas Daop 2 Bandung yang memiliki pesona keindahan alam yang memanjakan mata.

Stasiun Cibatu, Garut akan Anda lewati jika menaiki kereta api relasi Stasiun Bandung ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur via Tasikmalaya atau sebaliknya.

Baca Juga: Viral Pengamen dan Tour Guide Bus Wisata Berseteru di Lembang

Stasiun Cibatu terletak pada ketinggian 612 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu stasiun kereta api aktif atau masih beroperasi melayani naik turun penumpang.

Pada era kolonial Belanda, Stasiun Cibatu merupakan stasiun primadona karena menjadi tempat pemberhentian wisatawan Eropa yang ingin berlibur ke daerah Garut.

Saat itu daerah Garut dengan kondisi alamnya yang indah memang merupakan daerah favorit wisatawan yang berasal dari Eropa untuk berwisata di sana.

Komedian Charlie Chaplin bahkan pernah dua kali menginjakkan kaki di Stasiun Cibatu yakni pada tahun 1927 dan 1935. Saat itu Charlie Chaplin bersama aktris Mary Pickford sedang dalam perjalanan liburan ke Garut.

Baca Juga: Perampokan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Pelaku Masuk Mobil dan Todong Pisau

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x