TEGAS, Ridwan Kamil: Ibu Kota Jawa Barat Tetap Kota Bandung

- 16 Oktober 2022, 10:26 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjawab ramainya isu perpindahan ibu kota Provinsi Jawa Barat ke Tegalluar.

Kang Emil menegaskan ibu kota Jawa Barat tetap di Kota Bandung. Sedangkan yang berpeluang adalah perpindahan pusat pemerintahan yang akan disatukan dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Tegalluar, Kabupaten Bandung. Namun itupun baru pada tahap wacana.

"Bukan pemindahan ibu kota, tapi wacana penyatuan pusat pemerintahan. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota karena itu jelas berbeda," kata Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung Sabtu 15 Oktober 2022.

Baca Juga: Tentang Isu Ibukota Provinsi Jabar Pindah ke Tegalluar, Begini Kata Ridwan Kamil

Selain di Tegalluar Kabupaten Bandung, wacana pemindahan pusat pemerintahan juga muncul untuk kawasan Walini Kabupaten Bandung Barat dan Kertajati Kabupaten Majalengka.

"Jadi Ibu Kota Jabar tetap Bandung, tapi pusat pemerintahan kantornya berkumpul di tiga kawasan potensial, yaitu Tegalluar karena pusat pertumbuhan, Walini dan Kertajati," jelasnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini juga menjelaskan mengapa Tegalluar masuk salah satu opsi.

Baca Juga: Ada Potensi Krisis Ekonomi, Energi, Pangan pada 2023, Ridwan Kamil: Jangan Tunggu Kejadian Baru Panik

Alasannya karena Tegalluar paling potensial menjadi lokasi wacana pemindahan pusat pemerintahan Jabar.

Daerah yang menjadi titik akhir pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut dinilai strategis karena jadi simpul beberapa ruas jalan tol dan pusat ekonomi lainnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x