Tak Perlu Dibawa ke Jakarta Atau Bandung, Kini Sampel Tes PCR Warga Garut Diperiksa RSUD dr. Slamet

- 16 Juni 2020, 13:46 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan, saat meresmikan Laboratorium tes PCR di Rumah Sakit Umum dr. Slamet Garut, pada Senin (15/06/2020).*
Bupati Garut Rudy Gunawan, saat meresmikan Laboratorium tes PCR di Rumah Sakit Umum dr. Slamet Garut, pada Senin (15/06/2020).* /DISKOMINFO KABUPATEN GARUT

BANDUNG,(PRFM) - Guna mempercepat pemeriksaan spesimen pasien covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kini memiliki laboratorium polymerase chain reaction (PCR). Alat yang digunakan di laboratorium tersebut didatangkan langsung Pemkab Garut dari Amerika untuk percepatan pencegahan dan penanggulangan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Laboratorium tersebut diresmikan langsung Bupati Garut Rudy Gunawan, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, pada Senin (15/06/2020).

Baca Juga: Lockdown Diberlakukan di Beijing Karena Adanya Klaster Pasar Xinfadi

Menurut Rudy, dengan beroperasinya alat ini, Pemkab Garut tidak perlu menunggu lama hasil sampel Swab yang biasanya dilakukan di Bandung atau Jakarta.

"Dengan dioperasikannya Labolatorium PCR ini, agar memudahkan tim medis menguji hasil swab pasien dengan cepat. Selama ini hasil sample swab harus dikirim ke Bandung atau Jakarta dengan jangka waktu satu atau dua minggu untuk menentukan hasil Positif atau negatif Covid-19. Saat hasil swab keluar, pasien sudah meninggal dunia," ujar Rudy.

Ditambahkan Rudy, dengan adanya alat ini pula, bagi kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang melaksanakan tes PCR tidak dikenakan biaya. Pemkab Garut telah menyediakan anggaran untuk pemeriksaan tes Swab yang terbilang cukup lumayan mahal untuk sekali tes PCR atau Swab.

Baca Juga: Tanam Seribu Pohon di Jatigede, Erwan Harap Peran Warga Agar Tumbuh Baik

”Sekali Swab itu bisa menghabiskan anggaran Rp700 Ribu, namun Pemkab Garut telah menganggarkan bagi masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19, maka seluruh biayanya kami gratiskan,” tuturnya.

Masih kata Rudy, beroperasinya labolatorium PCR hari ini ditandai dengan pemeriksaan sampel Swab dirinya, beserta 16 orang yang telah siap untuk di-Swab.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x