Punya Banyak Kelebihan, Pemkab Garut Lirik Penggunaan Aspal Plastik untuk Sempurnakan Kualitas Jalan

- 18 Februari 2022, 21:35 WIB
Aspal Plastik adalah upaya untuk mengurangi limbah.
Aspal Plastik adalah upaya untuk mengurangi limbah. /Twitter.com/@KemenPU

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat mulai melirik penggunaan aspal plastik untuk menyempurnakan kualitas infrastruktur jalan di daerahnya.

Penggunaan aspal plastik ini diklaim memiliki banyak kelebihan dibandingkan aspal biasa, termasuk dalam hal mengatasi masalah jalan yang cepat rusak dan berlubang.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengaku tertarik untuk segera mencoba penerapan dari sisi teknologi, efisiensi, dan kekuatan dari penggunaan aspal plastik.

Rudy menyebut, penggunaan aspal plastik sejalan dengan usaha pihaknya mengurangi penumpukan sampah sekira 400 ton per hari yang selama ini diangkut oleh 500 truk setiap harinya.

Baca Juga: Pencurian Motor di Bandung Kembali Terjadi, Hari Ini di Jalan Citamiang

Di mana dari total tersebut, ada banyak sampah plastik yang akan lebih baik didaur ulang atau digunakan dalam proses pengolahan bahan lain yang lebih bermanfaat termasuk nantinya menjadi bahan pencampur aspal jalan.

Hal itu diungkapkan Rudy saat menghadiri secara virtual pemaparan ekspose penggunaan aspal plastik yang dilakukan oleh PT. Chandra Asri di Gedung Command Center Diskominfo Kabupaten Garut pada Kamis 17 Februari 2022 kemarin.

Rudy menjelaskan, penggunaan aspal plastik akan diutamakan untuk wilayah dengan curah hujan lebih tinggi seperti Kabupaten Garut bagian selatan. Di mana wilayah tersebut juga punya tingkat pergeseran atau pergerakan tanah yang cukup tinggi.

"Kalau di Garut bagian selatan yang curah hujannya tinggi, nah dengan beberapa daerah yang mempunyai tingkat pergeseran atau pergerakan tanah juga yang cukup tinggi, kami pun ingin mencoba (aspal plastik)," ucapnya.

Baca Juga: Diet Telur Ternyata Bisa Mengurangi Berat Badan hingga 20 Kg, Begini Tahapannya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: garutkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x