Pemkab Garut Siapkan Dana Rp3 Miliar untuk Bangun Shelter Mitigasi Bencana Alam

- 17 Februari 2022, 06:30 WIB
Salah satu pantai di kawasan Garut Selatan.
Salah satu pantai di kawasan Garut Selatan. /dok.PRFM

PRFMNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyiapkan dana sebesar Rp3 miliar untuk membangun shelter mitigasi bencana di wilayah Garut selatan.

Rencananya akan dibangun empat shelter di wilayah Garut selatan sebagai tempat evakuasi warga di Garut selatan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, termasuk tsunami.

Pembangunan shelter mitigasi bencana rencananya akan mulai dibangun tahun 2022 ini dan ditargetkan selesai pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Perwal Kota Bandung Terbaru PPKM Level 3: Ini Aturan Jam Operasional Mall, Supermarket, Pasar dan Warung

"Shelter itu akan dibangun di dataran tinggi di Kecamatan Cikelet dan Cibalong yang punya potensi tsunami karena dekat dengan pantai membentang ke laut Samudera Hindia,“ kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi seperti dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA hari ini Kamis, 17 Februari 2022.

Satria menambahkan, selain bisa jadi tempat evakuasi warga saat terjadi bencana alam, shelter tersebut bisa digunakan sebagai lokasi olahraga masyarakat dalam kondisi normal.

Baca Juga: Yana Mulyana Siapkan Perwal Terbaru untuk Peningkatan Relaksasi Kegiatan Ekonomi di Kota Bandung

Ia mengaku, rencana pembangunan shelter itu sudah dalam tahap kajian terkait titik lokasi yang dipastikan aman dari potensi tsunami maupun bencana alam lainnya.

Terkait pengadaan tanah, Satria juga menyatakan sudah selesai dan sedang merancang desain rinci bangunan (DED).

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x