Cara Disdik Jabar Atasi PPDB di Kecamatan yang Belum Ada Sekolah Negeri

- 9 Mei 2024, 13:00 WIB
Kick Off PPDB Jabar 2024
Kick Off PPDB Jabar 2024 /Hunas Jabar

PRFMNEWS - Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, berbagai persiapan telah dimatangkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat. Salah satunya adalah soal kuota khusus bagi kecamatan yang belum memiliki sekolah negeri.

Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, pada PPDB 2024 ini tersedia total kuota kursi hingga mencapau 300.000.

"Untuk kuota, 300.000-an yang negeri. Secara keseluruhan dengan swasta daya tampung bisa 103 persen dari jumlah peserta didik yang keluar dari SMP dan MTs," ucap Wahyu, usai Kick Off PPDB Jabar 2024 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 8 Mei 2024.

Disampaikan Wahyu, saat ini dari 627 kecamatan di Jabar, sebanyak 128 di antaranya belum dilengkapi dengan fasilitas sekolah negeri. Karenanya, Disdik Jabar pun punya cara mengatasi hal ini.

Baca Juga: Ada Perubahan Regulasi, Disdik Pastikan PPDB Jabar 2024 Akan Lebih Baik Berkat Sejumlah Persiapan

Adapun cara yang disiapkan adalah dengan menyiapkan kuota khusus pada sekolah negeri di kecamatan yang berdampingan dengan kecamatan yang belum memiliki sekolah negeri.

"Masalahnya di sebaran sehingga untuk yang sekarang dalam jalur zonasi, kita memberikan kuota khusus terhadap 128 kecamatan yang belum memiliki sekolah negeri. Jadi nanti ada kuota khusus di kecamatan yang berdampingan dengan kecamatan tersebut," kata Wahyu.

"Ada hitungan rumusnya. Nanti diumumkan berapa kuota untuk yang di kecamatan tersebut. Kita tambahkan ke keluarga ekonomi tidak mampu. Jadi kalau kemarin di 12 persen, sekarang di 15 persen," imbuhnya.

Wahyu memaparkan pula bahwa untuk keluarga ekonomi tidak mampu, Pemprov Jabar ada keberpihakan terhadap kemiskinan ekstrem berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah