Koordinasi Baik Antar Bupati/Wali Kota Diperlukan untuk Hadapi COVID-19

- 19 April 2020, 16:18 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau salah satu produsen APB, masker bedah, dan baju hazmat, PT. Multi One Plus di Kabupaten Bogor, Rabu (15/4/2020).*
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau salah satu produsen APB, masker bedah, dan baju hazmat, PT. Multi One Plus di Kabupaten Bogor, Rabu (15/4/2020).* /HUMAS JABAR

BANDUNG, (PRFM) - Pengamat Politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya menilai, dalam menghadapi pandemi COVID-19, perlu ada koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah termasuk masyarakat.

Menurutnya, kolaborasi semua unsur dapat membuat negara menjadi kuat untuk segera mengatasi wabah ini. Dalam kontek pencegahan pandemi, ia juga menilai dibutuhkan langkah-langkah kongkrit yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Dalam menghadapi pandemi harus diakui secara realistis bahwa tidak ada negara manapun yang sanggup sendiri mengatasi krisis ini tanpa garis koordinasi yang baik," ujar Yunarto dalam rilisnya, Minggu (19/4/2020).

Baca Juga: Pasien Sembuh dari COVID-19 di Indonesia Capai 686 Orang

Salah satunya seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Yunarto mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait penanganan COVID-19.

“Ketika contohnya ada problem tes massal yang tidak bisa dilakukan pusat karena keterbatasan fasilitas, dia berinisiatif rapid tes. Jabar melakukan rapid test, dan belakangan swab test secara swadaya. Sehingga kekurangan itu bisa diatasi karena pemerintah pusat harus mengurus 34 provinsi,” jelas Yunarto.

Ia mengaku banyak langkah Ridwan Kamil yang patut diapresiasi dan menunjukan kualitas yanng berbeda.

Langkah Ridwan Kamil memobilisasi industri di daerah untuk memenuhi kebutuhan masker dinilai merupakan langkah besar guna membantu pemerintah pusat dan masyarakat.

Baca Juga: Penyebar Hoaks COVID-19 Diancam Denda Rp 1 Miliar dan Penjara 6 Tahun

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x