Pemprov Jabar Bakal Bagikan 1 Juta Masker Kepada Warga

- 22 Maret 2020, 19:18 WIB
Masker.* PRFM
Masker.* PRFM /

BANDUNG,(PRFM) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan mendistribusikan 1 juta masker kepada warga, yang dimulai pada Senin (23/3/2020). Dalam pendistribusian masker tersebut, Pemprov Jabar bekerja sama dengan PT Pos Logistik Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, langkah tersebut dilakukan sesuai instruksi Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

"(Ini sesuai) instruksi Pak Gubernur, agar segera mungkin Puskesmas dilengkapi pelindung diri (masker), 'in case' para ODP (Orang Dengan Pemantauan) bisa punya peralatan yang disuplai Puskesmas," ungkap Setiawan usai penandatanganan MoU dan PKS di Gedung Pakuan, Jln. Otista, Kota Bandung, Minggu (22/3/2020) dilansir dari galamedianews.com

Baca Juga: Tempat Wisata, Pasar Minggu dan Pasar Malam di Ciwidey Mulai Ditutup untuk Cegah Corona

Ia menambahkan, pada tahap pertama pembagian sejuta masker oleh Dinas Kesehatan (Dinskes) Provinsi Jabar, diprioritaskan kepada masyarakat menengah ke bawah yang sakit atau memiliki gejala terkena virus SARS-CoV-2. Dengan prosedur pengambilan masker melalui Puskesmas di daerahnya masing-masing.

Menurut Setiawan, dipilihnya Puskesmas karena unit kesehatan tersebut paling bisa menjangkau lapisan masyarakat. Selain itu, Puskesmas juga bisa memastikan sakit atau tidaknya pemohon masker melalui verifikasi.

"Sebab kalau kita menyediakan di gerai-gerai, khawatirnya nanti bakal ada yang membeli dalam jumlah yang banyak bahkan menguasai barang yang ada. Jadi, kita masuk Puskesmas agar nantinya petugas mewawancarai yang akan pakai, jadi tercatat," terangnya.

Baca Juga: Driver Ojol Keluhkan Sepinya Penumpang Akibat Kebijakan Social Distancing

Ia menjelaskan, bahwa Puskesmas yang berada di daerah terpapar COVID-19 terbanyak, seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung Raya, menjadi prioritas untuk menerima masker.

Lebih jauh, Puskemas yang berada di zona tersebut pun diminta segera mengajukan permintaan masker melalui aplikasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat).

Setelah itu, Dinkes Jabar akan mengirimkan masker ke Puskesmas tersebut, menggunakan layanan PT Pos Logistik Indonesia.

Baca Juga: Tekan Penularan COVID-19, Jabar Akan Gelar Rapid Test Secara Massal

Ia menerangkan, bahwa layanan PT Pos Logistik Indonesia sudah mencapai daerah-daerah yang sulit dijangkau. Pihaknya juga menginstruksikan kepada petugas untuk menjalani protokol kesehatan saat mendistribusikan masker.

"Barang- barang yang dikirim akan sangat dinanti-nantikan, sehingga mohon tepat waktu. Jika ada kesulitan di lapangan segera informasikan, hingga bisa segera sampai ke titik yang dimaksud," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pos Logistik Indonesia, Yuzon Erman menambahkan, pihaknya siap mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi COVID-19.

Baca Juga: Bertambah 64, Total Positif Corona Menjadi 514 Kasus

"Kami mengapresiasi atas kepercayaan kepada Pos Logistics untuk bisa mendukung penanganan COVID-19 ini. Kami punya kesiapan, alokasi titik pengiriman barang segera kami siapkan. Sehingga bisa kami langsung distribusikan," ungkapnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x