Hadapi Nataru, Dishub Jabar Siapkan SIMANIS

- 21 Desember 2021, 19:20 WIB
Aplikasi SiManis yang dikembangkan oleh Dishub Jabar.
Aplikasi SiManis yang dikembangkan oleh Dishub Jabar. /Dishub Jabar

PRFMNEWS - Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar tengah menyiapkan Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) dalam menghadapi momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sistem yang disiapkan dalam sebuah aplikasi bernama SIMANIS (Sistem Informasi Jalan dan Wisata) tersebut, nantinya berisi sejumlah informasi bagi warga pelaku perjalanan darat di saat Nataru.

Kepala Bidang Transportasi dan Angkutan Darat Dishub Jabar, Iskandar menjelaskan, aplikasi SIMANIS hasil kolaborasi Dishub Jabar, Disparbud Jabar, dan pengelola jalan tol ini, diharapkan bisa menjadi panduan warga pelaku perjalanan darat saat Nataru.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Dishub Jabar Gelar Vaksinasi untuk Pekerja Transportasi

Di dalamnya memuat sejumlah informasi terkait lokasi wisata termasuk kapasitas pengunjung terkini, situasi lalu lintas termasuk kebijakan yang terkait di dalamnya.

"Setiap informasi dan data tersebut nantinya diupdate dari berbagai sumber, seperti pengelola wisata, Disparbud, jasa marga terkait ruas tol, dan sebagainya. Nantinya, informasi ini bisa digunakan warga yang hendak berwisata," beber Iskandar di kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Selasa 21 Desember 2021.

Iskandar menambahkan, aplikasi tersebut juga nantinya memuat data jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol yang mengarah ke sejumlah daerah tujuan wisata di Jabar. Ada sekira 8 exit tol yang mengarah ke wilayah Jabar.

Baca Juga: Pemikul TPU Cikadut Tidak Digaji Pemkot Lagi Mulai 2022, Alasannya Karena Hal Ini

"Delapan exit tol tadi menuju ke empat destinasi wisata yang ada di Jabar. Dengan begitu, ini bisa membantu masyarakat mengambil keputusan dalam perjalanan mereka," jelas Iskandar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah