Ini Nih 5 Jenis Masker dan Penggunaannya, Jangan Sampai Salah Pakai Ya!

- 6 Maret 2020, 15:50 WIB
Orang Jepang melindungi diri dengan masker.
Orang Jepang melindungi diri dengan masker. //Twitter @AJENews

BANDUNG,(PRFM) - Di tengah merebaknya virus corona, masker adalah barang yang sangat dicari dibeberapa negara. Masker dicari karena dipercaya melindungi diri dari wabah yang sedang melanda.

Namun tahukah kamu bahwa masker memiliki jenis yang beragam dan fungsi yang berbeda-beda? Mulai dari masker sekali pakai hingga yang bisa digunakan berulang-ulang.

Namun, tidak semua masyarakat mengetahui fungsinya dengan tepat. Kebanyakan hanya berpikir yang terpenting masker tersebut bisa menutupi hidungnya.

Dilansir minaindonesia.com, berikut 5 jenis masker dan fungsinya:

1. Masker SCBA (Self-Contained Breathing Apparatus)

Masker Self-Contained Breathing Apparatus
Masker Self-Contained Breathing Apparatus pixabay

SCBA merupakan masker darurat. Masker ini biasanya digunakan oleh pemadam kebakaran. Masker SCBA berfungsi untuk melindungi sistem pernafasan, dan membantu penglihatan pada kondisi asap tebal. Masker ini terkoneksi dengan tabung oksigen untuk membantu suplai oksigen.

Baca Juga: Waspadai Kanker Paru-Paru, Periksakan Kesehatan Tubuhmu Secara Rutin

2. Masker N-95

Masker N-95
Masker N-95 Istimewa


Masker yang memiliki tingkat sterilisasi tinggi sekitar 95% ini pemakaiannya harus sangat rapat dan tidak terdapat celah. Masker ini dipakai di tempat dengan polusi udara yang tinggi.

3. Particulate Respirator

Masker Particulate Respirator
Masker Particulate Respirator www.bhinneka.com


Masker ini sangat mirip dengan masker N-95, namun mempunyai fungsi sebagai penyaring aerosol. Keberhasilan penyaringan masker ini tergantung pada kerapatan serat filter. Masker ini bekerja dengan menangkap aerosol dari udara yang melewati respirator.

Baca Juga: Apakah Benar Tidur Setelah Makan Berbahaya?

4. Masker Saku CPR (Cardio Pulmanory Resuscitation)

Masker Saku CPR (Cardio Pulmanory Resuscitation)
Masker Saku CPR (Cardio Pulmanory Resuscitation) Alibaba.com


Masker ini digunakan untuk memberikan bantuan pernafasan. Biasanya diperuntukan untuk orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Di dalam masker ini terdapat lubang di bagian tengah untuk menyalurkan oksigen. Masker ini biasa digunakan oleh regu penyelamat dan petugas pemadam kebakaran.

5. Masker Bedah

Penampakan satu bungkus masker berisi dua potong yang disediakan Kimia Farma untuk mengantisipasi penimbunan masker di tengah kasus virus corona di Indonesia
Penampakan satu bungkus masker berisi dua potong yang disediakan Kimia Farma untuk mengantisipasi penimbunan masker di tengah kasus virus corona di Indonesia Amir Faisol/PR


Masker bedah paling dicari oleh masyarakat menyusul wabah corona. Masker ini hanya aman untuk penggunaan sekali pakai saja. Masker bedah menjadi salah satu yang mudah ditemukan di apotek. Umumnya masker ini memiliki warna biru atau hijau.

Dikutip dari Asia One, masker bedah dirancang untuk menjaga pemakainya dari tetesan partikel besar atau percikan air dari mulut seseorang yang jaraknya dekat dengan pemakai.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x