CEK FAKTA: Makan Pete Baik bagi Orang Diabetes Bisa Bantu Turunkan Gula Darah? Ini Penjelasan dr. Cahyo

- 6 Agustus 2022, 20:40 WIB
Makan Pete Baik bagi Orang Diabetes Bisa Bantu Turunkan Gula Darah? Ini Penjelasan dr. Cahyo, cek faktanya.
Makan Pete Baik bagi Orang Diabetes Bisa Bantu Turunkan Gula Darah? Ini Penjelasan dr. Cahyo, cek faktanya. /Pexels/Artem Podrez

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menyebut, ada beberapa pasien diabetes mempercayai dengan mengonsumsi pete dapat bantu menurunkan gula darah sehingga kembali stabil.

Tapi, benarkah pete baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes setiap hari karena bisa bantu menurunkan gula darah?

Menurut dr. Cahyo Purnomo, orang diabetes aman dan boleh makan pete. Alasan pertama, karena kandungan karbohidrat dalam pete cukup rendah.

“Dalam 100 gram pete terkandung sekitar 15,2 gram karbohidrat, pete punya indeks glikemik rendah yang membuatnya aman dikonsumsi orang diabetes,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Baca Juga: 10 Peristiwa Penting dan Bersejarah 10 Muharram Hari Asyura : Allah Memuliakan Nabi

Namun, dr. Cahyo mengingatkan, orang diabetes boleh mengonsumsi pete asal dalam jumlah wajar dan tidak memiliki riwayat gangguan ginjal dan asam urat tinggi.

“Apabila Anda seorang penderita diabetes, tidak punya masalah pada ginjal, tidak memiliki kadar asam urat yang tinggi, Anda boleh mengonsumsi pete, asal tidak berlebihan,” tuturnya.

Alasan kedua, lanjut dr. Cahyo, pete mengandung asam amino triptofan yang bisa membantu meredakan stress, menjadikan tubuh lebih rileks dan meningkatkan suasana hati lebih baik (moodbooster).

“Stress bisa meningkatkan gula darah, jadi diharapkan dengan mengonsumsi pete bisa mengurangi stress yang Anda alami sehingga gula darah Anda lebih terkontrol,” bebernya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x