AWAS! Ini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu

- 4 April 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi Lowongan kerja
Ilustrasi Lowongan kerja /Pixabay/Firmbee

PRFMNEWS - Dalam mencari pekerjaan, kita tetap dituntut untuk selalu waspada. Sebab di era digital seperti sekarang, penipuan dalam dunia kerja semakin marak terjadi.

Banyaknya lowongan kerja palsu yang beredar membuat para pencari kerja rentan menjadi korban. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri dari lowongan kerja palsu agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa ciri yang perlu diwaspadai:

1. Persyaratan Kerja Terlalu Mudah

Jika Anda menemukan sebuah lowongan kerja yang menawarkan pekerjaan dengan persyaratan yang terlalu mudah, maka anda harus waspada. Sebab lowongan kerja yang sesungguhnya biasanya memiliki beragam persyaratan yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Jika persyaratannya terlalu umum dan mudah dipenuhi, ada kemungkinan besar lowongan tersebut adalah palsu.

2. Penawaran Gaji Tidak Masuk Akal

Salah satu daya tarik utama dari sebuah lowongan kerja adalah besaran gaji yang ditawarkan. Namun, jika Anda menemukan penawaran gaji yang terlalu tinggi atau tidak masuk akal untuk posisi tersebut, ada baiknya melakukan penelitian lebih lanjut. Lowongan kerja palsu sering kali menggunakan penawaran gaji yang menggiurkan untuk menarik minat calon karyawan.

3. Menggunakan Nama Perusahaan Terkenal

Penipu sering kali menggunakan nama perusahaan terkenal atau perusahaan palsu dengan nama yang mirip untuk menipu pencari kerja. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan verifikasi terhadap perusahaan yang menyediakan lowongan tersebut. Periksa situs web resmi perusahaan dan pastikan bahwa lowongan yang Anda lihat berasal dari sumber yang terpercaya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x