Keracunan Massal di Cimahi, Jadi KLB hingga Kondisi Mencekam Ambulans Wara-wiri Antar Jemput Korban

- 24 Juli 2023, 21:32 WIB
Ilustrasi keracunan makanan.
Ilustrasi keracunan makanan. /PRFM

PRFMNEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menetapkan kasus keracunan massal yang terjadi pada ratusan warga usai makan nasi boks dalam acara reses salah satu anggota DPRD Kota Cimahi di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Karena ditetapkan KLB, Dinkes Kota Cimahi menyatakan seluruh biaya pengobatan pasien keracunan massal usai mengonsumsi nasi kotak katering dalam acara reses salah satu anggota DPRD ini ditanggung Pemkot Cimahi.

"Untuk pembiayaan (warga keracunan makanan nasi boks) sedang dipersiapkan, ini kejadian luar biasa sehingga dipersiapkan pembiayaan ditanggung Pemkot Cimahi," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Cimahi Dwihadi Isnalini, Senin 24 Juli 2023.

Baca Juga: Nama Anggota DPRD Kota Cimahi dalam Kegiatan Reses di Padasuka, Berujung Keracunan Massal dari Nasi Kotak

Dwihadi menyebut hingga Senin pagi, pihaknya mencatat ada 268 warga Kota Cimahi yang keracunan usai mengonsumsi nasi kotak dari acara reses anggota DPRD Kota Cimahi di Kelurahan Padasuka.

Gejala yang dirasakan semua korban keracunan makanan nasi boks itu, ujar Dwihadi, rata-rata sama yakni mual, diare, dan muntah, sehingga mereka harus segera mendapatkan penanganan medis di puskesmas dan rumah sakit.

Menurutnya, hingga Senin pagi masih ada warga yang mengalami gejala keracunan makanan tersebut berdatangan ke Puskesmas Padasuka untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca Juga: Ternyata ini Isi Menu Nasi Boks Penyebab Gejala Keracunan Makanan Ratusan Warga di Cimahi

Ratusan peserta reses yang keracunan itu mendapat perawatan di Rumah Sakit (RS) Cibabat sebanyak 23 orang, RS Mitra Kasih 41 orang, RS Dustira 66 orang, RS Kasih Bunda 2 orang, dan Rumah Sakit Mall.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x