IPAL Taman Ciko Bandung Mulai Beroperasi, Air Limbah Mandi hingga Cuci Piring Bisa Bermanfaat Lagi

- 10 Mei 2023, 16:40 WIB
IPAL Taman Ciko Bandung Mulai Beroperasi
IPAL Taman Ciko Bandung Mulai Beroperasi /HUMAS BANDUNG

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Grey Water Cikapundung Kolot Arena 4 di Taman Ciko, Jalan Babakan Jati, Rabu 10 Mei 2023.

IPAL Grey Water Ciko 4 di Kota Bandung ini dioperasikan sebagai upaya optimalisasi penghijauan dan meminimalisasi banjir pada sekitaran Sungai Citarum.

Kehadiran IPAL Grey Water Ciko 4 ini juga menjadi sebagai salah satu upaya lakukan pengelolaan air limbah domestik atau air buangan dari aktivitas rumah tangga di Kota Bandung.

Baca Juga: Waspada Copet di Angkot Bandung Modus Kejepit Kaca, Wanita Ini Jadi Korban

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric M. Attauriq berharap, kehadiran IPAL Grey Water menjadi salah satu solusi konkret pemanfaatan sumber air alternatif guna mengatasi defisit air di wilayah Kota Bandung.

“Air limbah yang berasal dari aktivitas domestik, seperti cuci piring dan air mandi yang dapat didaur ulang. Hasil olahannya mampu dimanfaatkan untuk keperluan non portable seperti menyiram tanaman, toilet, mencuci kendaraan, dan kebutuhan outdoor lainnya,” ucap Eric.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi menjelaskan, penggunaan IPAL ini dilakukan dengan air limbah domestik diolah melalui reaktor dan hasil olahannya bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor.

Baca Juga: Pemkot Bandung Terus Upayakan Penanganan Sampah di TPS Meski Terkendala Alat

Ia juga menjelaskan, IPAL Grey Ciko Arena 4 memiliki luas 33 meter persegi dan telah ditanami beberapa tanaman di antaranya 50 tanaman pelindung.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah