IPAL Grey Ciko 4 Diresmikan Pemkot Bandung, Difungsikan untuk Tekan Risiko Terjadinya Banjir Sungai Citarum

- 10 Mei 2023, 15:00 WIB
Peresmian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Grey Cikapundung Kolot Arena 4 untuk atasi banjir di Sungai Citarum
Peresmian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Grey Cikapundung Kolot Arena 4 untuk atasi banjir di Sungai Citarum /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Grey Cikapundung Kolot Arena 4 di Taman Ciko, Jalan Babakan Jati, Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat sudah diresmikan.

Peresmian IPAL Grey Ciko 4 dilakukan langsung oleh Pemerintah Kota Bandung pada hari ini Rabu, 10 Mei 2023.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric M. Attauriq menjelaskan, IPAL Grey Ciko 4 difungsikan untuk optimalisasi upaya penghijauan meminimalisasi banjir pada di Sungai Citarum.

Baca Juga: Tersangka Perdagangan Orang WNI ke Myanmar Berhasil Ditangkap

Diharapkan Eric, IPAL Grey Ciko 4 mampu menjadi salah satu sebuah solusi konkrit pemanfaatan sumber air alternatif guna mengatasi defisit air di wilayah Kota Bandung.

“Air limbah yang berasal dari aktivitas domestik, seperti cuci piring dan air mandi yang dapat didaur ulang. Hasil olahannya mampu dimanfaatkan untuk keperluan non portable seperti menyiram tanaman, toilet, mencuci kendaraan, dan kebutuhan outdoor lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan, secara teknis nantinya air limbah domestik ini akan diolah melalui reaktor dan hasil olahannya bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor.

Baca Juga: Kasus Dugaan Pelecehan Karyawati di Cikarang, Pihak Terlapor Sudah Jalani Pemeriksaan

Dijelaskan Eric, IPAL Grey Ciko 4 empat memiliki luas 33 meter persegi dan telah ditanami beberapa tanaman, di antaranya 50 tanaman pelindung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x