Rehabilitasi IPAL Bojongsoang Dapat Dukungan dari Pemerintah Kota Bandung

- 16 Juni 2022, 21:00 WIB
Sekda Ema Sumarna nyatakan Pemerintah Kota Bandung dukung penuh rehabilitasi IPAL Bojongsoang, Kamis 16 Juni 2022.
Sekda Ema Sumarna nyatakan Pemerintah Kota Bandung dukung penuh rehabilitasi IPAL Bojongsoang, Kamis 16 Juni 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Program rehabilitasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Bandung.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna bahkan menyatakan bahwa Pemerintah Kota Bandung mendukung penuh Program rehabilitasi IPAL Bojongsoang yang berada di wilayah Kabupaten Bandung.

"Kami Pemkot terima kasih terhadap program ini, projek ini Bandung memiliki kepentingan dan mendapat nilai kemanfaatan, ini sudah tertuang dalam RPJMD 2019 2023," ujarnya saat menghadiri Rapat Koordinasi dari Kemenko Marves Pembahasan kegiatan Green Infrastructure Initiative (GII) pada Kamis 16 Juni 2022.

Ema mengatakan, rehabilitasi IPAL Bojongsoang dapat meningkatkan produksi air bersih di Kota Bandung.

Baca Juga: Tarif Listrik Naik per 1 Juli 2022, Cek Rincian Biaya Kenaikannya per kWh Bagi 5 Golongan Pelanggan PLN

Saat ini menurut Ema, Kota Bandung belum memiliki sumber air baku. Diharapkan Ema, IPAL Bojongsoang mengakomodir kebutuhan air bersih di Kota Bandung dan daerah sekitarnya.

"Di satu sisi Bandung tidak memiliki sumber air baku. Bandung air bakunya dari KBB dan kab Bandung. Idealnya sumber air baku ini ada. Apabila air limbah domestik dapat diolah bisa dipakai minum dan mandi hal ini akan mereduksi program Citarum harum," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam pada Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Mochamad Saleh Nugrahadi mengatakan program Rehabilitasi merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Menko Maritim dan Investasi ke IPAL Bojongsoang tahun lalu.

"Hal ini untuk mengurangi limbah domestik di DAS Citarum," tutur Saleh.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah