Sambangi IPAL di Bojongsoang, Ridwan Kamil: Dapat 100 Juta Dollar, 2025 Air Sungai Citarum Jernih

- 16 Maret 2022, 20:35 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Perumda Tirta Wening Kota Bandung, di Desa Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022).
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Perumda Tirta Wening Kota Bandung, di Desa Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022). /Humas Jabar/

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat menyambangi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Bojongsoang, pada peninjauannya Ridwan Kamil mengatakan bahwa semoga bisa berjalan dengan baik serta air Citarum bisa lebih jernih.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) bertujuan untuk merubah air kotor menjadi air bersih, maka ditargetkan di 2025 pengolahan air sungai Citarum dapat terwujud.

Selain itu, pada kesempatan kunjungan kerja ke IPAL di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Ridwan Kamil mendapatkan bantuan diplomasi dari negara Jerman untuk kepentingan pengolahan limbah di Jawa Barat.

Baca Juga: Ada 6 Artis Bakal Dipanggil Polisi Terkait Dugaan Terima Uang Doni Salmanan

Kendati demikian, Ridwan Kamil akan menggunakan dana bantuan sebesar 100 juta dollar tersebut pada tahun depan.

Ridwan Kamil meyakini bahwa progres pengolahan limbah ini akan berhasil di 2025.

“Di Bojongsoang 85 hektar akan dirubah menjadi pusat filterisasi air kotor, kalau 100 juta dollar ini akan dibelanjakan setahun ke depan. Sehingga target Citarum Harum 2025 airnya bersih itu makin mendapatkan keyakinan,” kata Ridwan Kamil di Instagram pribadinya seperti dikutip prfmnews.id hari Rabu, 16 Maret 2022.

Setelah sempat dijuluki sungai terkotor didunia, sedikit demi sedikit perubahan sungai Citarum mulai terlihat.

Pada lawatannya itu, turut dihadiri Menko Marves yakni Luhut Binsar Pandjaitan beserta duta besar Jerman dan direktur Bank dunia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x