23 Ribu Lebih Nakes di Bandung Diajukan Mendapat Vaksin pada Pertengahan Januari 2021

- 5 Januari 2021, 14:43 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Ahyani Raksanegara saat ditemui di Balaikota Bandung, Senin 21 Desember 2020.*
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Ahyani Raksanegara saat ditemui di Balaikota Bandung, Senin 21 Desember 2020.* /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

PRFMNEWS - Sekira 23.891 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bandung didaftarkan untuk mendapat vaksinasi Covid-19. Jika sesuai jadwal, vaksinasi tahap 1 akan dilaksanakan pada 14 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, Kota Bandung telah mengajukan kuota Vaksin sebanyak 45 ribu dosis untuk nakes. Menurutnya, jumlah itu masih bersifat sementara, karena kuota vaksin ditentukan oleh pemerintah pusat.

‎"Data yang sudah masuk sistem SIDMK itu ada 23.891 nakes, itu masih update, nanti kan mereka akan mendapat dosis 2 kali. Kemarin sekitar 45 ribu dosis, tapi itu masih mungkin bertambah karena ini pendataan masih berjalan. Jadi bila pendataan masih berjalan masih dimungkinkan ada nakes yang mungkin mendaftar," kata Ahyani saat dihubungi via telepon, Selasa 5 Januari 2021.

Baca Juga: Sambil Menunggu Izin BPOM, 3 Juta Vaksin Covid-19 Mulai Disalurkan ke 34 Provinsi

Baca Juga: Siapkan KTP ! Begini Cara Mudah Cek Apakah Terdaftar Penerima Vaksin Covid-19 Gratis atau Tidak

Ahyani menambahkan, vaksinasi Covid-19 tahap 1 direncanakan akan berlangsung pada 14 Januari 2021. Meski begitu, sampai saat ini pihaknya masih menunggu informasi lanjutan terkait pelaksanaan vaksinasi tahap 1.

"Tadi siang masih rapat dan sosialiasi dari pemerintah pusat, kami masih menunggu informasi dari provinsi, bila sesuai dengan jadwal awal kita di tanggal 14 Januari," jelasnya.

Baca Juga: Kota Bandung Kondusif Saat Libur Tahun Baru Kemarin, Oded Mengaku Terharu

Ahyani menuturkan, tidak semua tenaga kesehatan akan memperoleh vaksin Covid-19 di tahap 1. Hal itu dikarenakan ada ketentuan regulasi dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat vaksin.

"Ideal yang harus divaksin kita juga belum tahu, karena kan ada batasan usia sama kondisi kesehatan, sama hamil atau tidak, dan apakah pernah kena Covid-19 atau tidak itu juga tidak boleh," tandasnya.‎***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x