Gerak Cepat! Hari Ini Bio Farma Salurkan 3 Juta Vaksin Covid-19 ke 34 Provinsi

- 3 Januari 2021, 15:32 WIB
ILUSTRASI VAKSIN
ILUSTRASI VAKSIN /PIXABAY

PRFMNEWS – PT Biofarma melakukan gerak cepat dengan menyalurkan tiga juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia pada hari ini, Minggu 3 Januari 2021.

Pendistribusian jutaan dosis vaksin ini dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan program vaksinasi tahap pertama.

Demikian disampaikan Juru Bicara Vaksin Covid-19 Biofarma Bambang Herianto dalam keterangan pers secara daring, Minggu 3 Januari 2021.

Ia memastikan pendistribusian tiga juta dosis vaksin dilakukan hari ini sebagaimana pernyataan yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahwa vaksin akan didistribusikan sebelum masyarakat mulai kembali bekerja.

"Mulai hari ini vaksin akan kita distribusikan ke 34 provinsi, sudah kami siapkan fasilitas layanan kesehatannya didukung 10 ribu lebih puskesmas, KKP, rumah sakit dan semua sudah disiapkan rantai dinginnya untuk terima vaksin ini," kata Bambang.

Baca Juga: Update Data Corona di Indonesia Hari Ini 3 Januari : Total Kasus Konfirmasi Positif Tembus 765 Ribu

Baca Juga: Gara-Gara Jatuh dari Sepeda, Pelipis Anya Geraldine Terluka dan Bajunya Kotor

Baca Juga: Polisi Beri Pelajaran Bagi Pelaku Sunmori di Lembang yang Pakai Motor Berknalpot Bising

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, ia menerangkan proses distribusi vaksin tidak hanya dilakukan oleh Biofarma melainkan melibatkan banyak pihak termasuk provinsi, kabupaten/kota dan puskesmas.

Bambang memastikan bahwa tiap sarana prasarana rantai dingin yang disiapkan telah memenuhi standar spesifikasi vaksin yaitu pada rentang suhu 2 sampai dengan 8 derajat celcius guna menjamin kualitas dan mutu vaksin yang diterima masyarakat.

Kendati vaksin didistribusikan hari ini, pelaksanaan program vaksinasi akan dimulai segera setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menerbitkan izin penggunaan darurat.

Bambang menjelaskan vaksin Sinovac yang diterima Indonesia juga sudah melalui serangkaian pengujian mutu kembali oleh PT Biofarma dan BPOM RI.

Pengujian dilakukan dalam rangka menjaga kualitas dan keamanan vaksin agar terjamin dalam proses produksi hingga distribusi ke masyarakat.

Baca Juga: Melonjak Lagi! Positif Covid-19 di Jawa Barat Hingga Minggu 3 Januari 2021 Capai 86.250 Kasus

Baca Juga: Lirik Lagu Memilih Dia - BCL (OST Sinetron Cinta Mulia)

Baca Juga: Jadwal Lengkap Layanan SIM Keliling Kabupaten Bandung Januari 2021

Simak video pilihan berikut.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x