Update Pembangunan Tol Cigatas, Akses Jalan ke Salah satu Gerbang Tol di Garut Sudah Siap, Ini Lokasinya

- 24 April 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Cigatas. / Instagram @pupr_bpjt
Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Cigatas. / Instagram @pupr_bpjt /

PRFMNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, mengungkap update progress pembangunan Jalan Tol Cigatas yang akan menjadi akses penghubung kawasan Bandung hingga Tasikmalaya, atau tepatnya Cileunyi, Kabupaten Bandung – Garut – Tasikmalaya.

Hingga April 2024, jalan untuk akses keluar dan masuk gerbang Tol Cigatas di kawasan Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, sudah dibangun dan untuk tahapan selanjutnya masih perlu dilakukan pengerasan dan pengaspalan.

Lokasi Gerbang Tol (GT) Banyuresmi di wilayah Garut yang nantinya akan menjadi akses keluar dan masuk kendaraan pengguna Tol Cigatas atau disebut pula sebagai Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) ini yakni berada di ruas Jalan Soekarno-Hatta – Jalan Prof. KH. Anwar Musaddad.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Begini Kronologi TikToker Galih Loss Ditangkap Polisi Akibat Konten Nistakan Agama

"Pintu tol di Banyuresmi kita sudah buka Jalan Soekarno-Hatta, Lingkar Kadungora sampai ke (Jalan) Musaddadiyah, akses jalan sudah kebuka," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut Agus Ismail di Garut, Senin 22 April 2024.

Sesuai rencana, ruas Tol Cigatas atau Tol Getaci akan memiliki dua exit tol yang dibangun di wilayah Garut, yakni selain di Banyuresmi juga di Kecamatan Cilawu arah ke Tasikmalaya. Namun sementara yang sudah dipastikan baru sesi satu yakni exit tol wilayah Banyuresmi.

“Akses jalan untuk Gerbang Tol Banyuresmi itu membutuhkan anggaran kurang lebih sekitar Rp25 miliar untuk menghubungkan Jalan Soekarno-Hatta – Pamekarsari, selanjutnya ke Jalan Anwar Musaddadiyah,” tuturnya.

Baca Juga: Meresahkan Warga, 2 Pelaku Pungli Parkir Liar di Soreang Bandung Ditangkap Polisi

Selain pembangunan jalan itu, imbuh dia, Pemkab Garut juga masih harus memperbaiki kondisi jalan satu jalur lagi di Jalan Prof. KH. Anwar Musaddad yang membutuhkan anggaran sebesar Rp13 miliar berikut dengan rambu-rambunya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah