Firli Bahuri Tersangka Kasus Dugaan Pemerasan kepada Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

- 23 November 2023, 06:51 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri.
Ketua KPK, Firli Bahuri. /Pikiran Rakyat/Asep Bidin Rosidin/

PRFMNEWS - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (FB) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka pemerasan ini dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Rabu, 22 November 2023 malam kemarin.

Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyampaikan, Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka usai dilakukan gelar perkara pada Rabu kemarin.

Baca Juga: Firli Bahuri Bantah Hindari Wartawan Usai Diperiksa Polisi hingga Segera ke Mobil, Begini Penjelasannya

"Telah dilaksanakan gelar perkara dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan, atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya, terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI 2020-2023," kata Ade Rabu kemarin.

Firli, lanjut Ade, ditetapkan sebagai tersangka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 e atau Pasal 12 B atau pasal 11 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 Tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 65 KUHP yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada sekira tahun 2020 sampai dengan 2023.

Dikutip dari ANTARA, Sebelumnya Firli Bahuri menjalani klarifikasi selama tiga jam oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Senin lalu untuk dimintai keterangan soal pertemuannya dengan mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Baca Juga: Detik-detik Firli Bahuri Sembunyi Muka di Mobil Usai Diperiksa Polisi, Ada Insiden Tak Terduga

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x