Kata Mahfud soal Nasib Gibran Sebagai Cawapres Prabowo Usai MKMK Copot Anwar Usman dari Ketua MK

- 9 November 2023, 08:30 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD saat memberikan keterangan pers terkait pengejaran pelaku kekerasan di Sigi.
Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD saat memberikan keterangan pers terkait pengejaran pelaku kekerasan di Sigi. /Tangkapan Layar Sekretariat Presiden

PRFMNEWS – Menko Polhukam Mahfud MD buka suara terkait nasib status Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto setelah Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memutuskan memberhentikan Anwar Usman dari Ketua MK karena telah melanggar kode etik berat dan perilaku hakim konstitusi.

Menurut Mahfud MD, putusan MKMK mencopot Anwar Usman dari Ketua MK tidak mempengaruhi putusan MK yang sudah ditetapkan terkait batas usia capres-cawapres. Sehingga status Gibran sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024 tetap sah.

"Yang jelas kepesertaan Mas Gibran sebagai pasangan cawapres secara hukum sudah sah, sudah selesai," kata Mahfud, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 8 November 2023.

Baca Juga: MKMK Berhentikan Anwar Usman dari Jabatan Ketua MK

Mahfud menjelaskan saat ini yang perlu diselesaikan adalah menyangkut berbagai persoalan di MK yang belum terselesaikan. Sebab, putusan MK merupakan putusan langsung yang memperoleh kekuatan hukum tetap sejak diucapkan.

Putusan MK bersifat mengikat dan tidak hanya berlaku bagi para pihak, tetapi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Adapun putusan MK tersebut yakni membolehkan seseorang di bawah usia 40 tahun jadi capres-cawapres, selama pernah/sedang menjabat sebagai kepala daerah yang terpilih lewat pemilu.

"Sekarang persoalan MK-nya yang kita selesaikan, karena putusan MK itu sudah mengikat," tegas dia.

Oleh karena itu, Mahfud menyampaikan Pilpres 2024 harus tetap berjalan sesuai dengan pasangan capres dan cawapres yang ada dan sudah mendaftar ke KPU. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x