Upaya Pemerintah Stabilkan Harga Beras dengan Salurkan Beras SPHP

- 28 September 2023, 11:30 WIB
Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Sederhana di Bandung, Jawa Barat, Rabu 27 September 2023.
Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Sederhana di Bandung, Jawa Barat, Rabu 27 September 2023. /Kemendag/

PRFMNEWS - Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga beras yang sudah mengalami kenaikan harga sejak beberapa waktu lalu, salah satunya dengan membanjiri pasar dengan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog ke seluruh wilayah di Indonesia.

Kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, suplai beras SPHP ke seluruh wilayah ini dilakukan untuk menstabilkan harga beras yang terdapat fenomena El nino.

Dengan adanya beras SPHP ini, Zulkifli Hasan mengklaim, menunjukkan hasil yang baik di mana saat ini harga beras terpantau stabil dan mulai ada indikasi turun.

Baca Juga: Mendag Zulhas Sebut Harga Beras Mulai Turun dan Masalah Impor Tak Jadi Kendala

Demikian hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Sederhana di Bandung, Jawa Barat, Rabu 27 September 2023.

“Pemerintah terus membanjiri pasar dengan beras. Terdapat program-program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) seperti bantuan pangan, Gerakan Pangan Murah (GPM), hingga operasi pasar yang selalu Kementerian Perdagangan dukung. Terdapat juga pasar murah yang dijalankan berbagai pihak. Upaya ini mulai terlihat hasilnya. Harga beras sudah tidak naik lagi meskipun belum terlihat turun. Tetapi, saat ini sudah mulai ada kecenderungan untuk turun,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan mengatakan, upaya stabilisasi harga beras dijalankan secara sinergis oleh semua elemen pemerintahan. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkomitmen menjaga stabilitas harga beras. Ia pun mengatakan, saat ini pasokan beras Bulog ada sebanyak 1,6 juta ton dan akan kembali masuk sebanyak 400 ribu ton.

Baca Juga: DPR Minta Kemendag Segera Tangani Kenaikan Harga Beras

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x